Selasa, 07 Januari 2014

Ayam Bakar Pedas Manis

Beberapa hari ini agak rajin masuk dapur dengan berbagai alasan, kemaren pas beli makan lalapan sudah mahal rasanya geje *nyesel. Kedua, mau nyobain wajan panggangan baru *hiya. Ketiga, selama libur natal dan tahun baru, banyak pedagang yang mudik, dapat dipastikan akan sedikit pilihan untuk menu yang dijual *balada anak kost. Keempat, lagi pengen nostalgia lalapan Aphot yang ada di Malang pas jaman masih jadi anak kuliahan. Lalapan di Aphot ini enak dan murah untuk ukuran anak kost seperti saya. Dulu, lalapan tempe dan tahunya gede-gede pun rasanya enak banget itu hanya seharga 3.500 sudah plus nasinya, kalo ikan atau ayam paling hanya 6.000 saja tapi rasanya enak banget karena dibakar. Jarang-jarang di Malang yang lalapannya disajikan gini, kebanyakan sih cuman digoreng aja itupun seringnya sambalnya nggak enak *ah kayak sambalnya enak aja :-D. Makanya, pengen makan yang kayak di Aphot Malang, tanpa perlu kesana. Kan, kalo harus ke Malang mahal di ongkos, belum harus nginep lah disana karena pastinya warung Aphot bukanya sore hiks.

Pas juga kemaren lihat di FB IDFB ada yang nanya resep ayam bakar dan Mbak Andrianne menyarankan resep ini. Dengan pembukaan yang begitu menyakinnkan kalo resep ini layak untuk dicoba, yuk coba dirumah masing-masing ya. 

Selain aku pakai ayam, bumbu olesnya cocok dipakai untuk tahu dan tempe *hiya menu wajib yang tidak boleh ditinggalkan. Memang ayam bakar ini enyak bangetsz, sudah mirip yang di Aphot, rasa tempe dan tahu panggangnya juga sadap. Untuk tempe dan tahunya goreng hingga berkulit ya, terus kemudian masukkan di bumbu olesan hingga meresap. kemudian panggang. 






Ayam Bakar Pedas Manis

Bahan :
1 ekor (800 gr) ayam
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
1 -2 sdt garam
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
± 500 ml air kelapa


Olesan :
50 gr cabai merah, potong-potong
3 siung bawang putih
½ sdt garam
2 sdm minyak goreng
2 sdm gula merah sisir
1 sdm kecap manis
200 ml air


Sambal tomat :
2 sdm minyak goreng
8 buah cabai merah, potong-potong
5 buah cabe rawit
3 butir bawang merah
1 buah tomat
2 sdt terasi bakar
1 sdt garam
2 sdt gula merah sisir


Cara membuat :
1. Potong-potong ayam menjadi 4 bagian. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, garam. 
2. Lumuri ayam dengan bumbu halus, sisihkan sedikitnya 30 menit agar bumbu meresap.
3. Taruh ayam dan bumbu perendam dalam wajan, tambahkan daun salam, dan serai. Tuangi air kelapa, masak hingga mendidih, kecilkan apinya. Tutup wajan, masak hingga air habis dan ayam matang. Jaga jangan sampai ayam hancur, angkat.
4. Olesan : Haluskan cabai merah, bawang putih, dan garam. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan gula merah, kecap manis, dan air. Masak hingga bumbu benar-benar matang, angkat.
5. Panaskan pemanggang di atas api, taruh ayam di atasnya. Panggang ayam sambil dibalik-balik dan diolesi bumbu olesan hingga harum dan berwarna kecoklatan, angkat.
6. Sambal tomat : panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan cabai merah, cabe rawit, bawang merah, tomat, dan terasi. Tumis hingga matang dan tomat lunak, angkat. Taruh diatas cobek, tambahkan garam dan gula merah, haluskan.
7. Taruh ayam bakar di atas piring saji, hidangkan selagi hangat dengan pelengkap sambal tomat.

*Maaf photonya g ada nilai estetikanya sama sekali, sudah ambilnya malam-malam dengan mode auto, backgroundnya juga geje.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar