Minggu, 05 Januari 2014

Pepes Kerang

Postingnya telat banget sih sebenarnya, sudah lama aku buatnya mungkin sebelum tahun baru. Eh ngomong-ngomong tahun baru, met tahun baru ya 2014. Semoga kesuksesan dan harapan tahun ini bisa terwujud ya, yang pengen fortuner juga segera dapat. 

Pepes kerang ini aku buat untuk bekal. Cari yang masaknya cepat dan g pake ribet. sekali ngukus lauk dan nasi matang bareng *ngirit gas. Apalagi harga gas elpiji 12 kg lagi naik daun, disebut-sebut terus dalam berita.

Aku nyontek resep ini dari Saji edisi 231 tahun IX Februari 2012, yuks mari enak banget buat lauk dengan nasi putih yang hangat kepul-kepul...wiiih mantapz....


Pepes Kerang

Bahan :

350 gram kerang darah --> aku 250 gram
3 cm lengkuas diiris tipis
3 lembar daun salam, dipotong-potong
3 batang serai, dipotong 2 cm
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
Daun pisang untuk membungkus
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :

4 buah cabai merah besar --> aku g pakai, g ada stoknya dirumah ternyata, lupa g beli
3 buah cabai merah keriting
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
3 butir kemiri, sangrai

Cara Membuat :

1. Tumis bumbu halus hingga harum, angkat.
2. Tambahkan kerang, lengkuas, daun salam, dan serai. Aduk rata. Masukkan garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
3. Ambil daun pisang. Sendokkan campuran kerang. Semat dengan lidi.
4. Kukus di atas api sedang 25 menit hingga matang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar