Senin, 25 Juli 2011

Kue Kacang

Kue Kering Kacang

Ye..ye..ye...akhirnya sembuh juga baking bluenya, setelah sekian lama vakum tidak nyambangi ovenku, rindu juga ternyata. Setelah kemaren mbuletin tekad *jiah tekad kok pake dibuletin he he he.

Sudah lama berangan-angan pengen buat kue kering yang murah meriah sekaligus enak dan irit bahan *wuaa maunya, kelihatan perhitungan bangets yak hihi. Akhirnya pilihan jatuh kepada si kue kacang ini, lama ngubek-ngubeks om Google buat nemuin resep yang pas akhirnya dipilihlah resep dari mbak Wida Tania via mbak Ria Prasetyo *thx dah share resepnya.

Buat kue ini ternyata butuh perjuangan dan peluh yang bercucuran *lebay, gimana enggak untuk lah untuk ngalusin kacangnya harus ngulek sebanyak enam kali, karena ketiadaan blender dan cobek yang mungil membuat semakin lama acara ulek-uleknya *hosh ....ngelap keringat pake serbet. Akhirnya selesai baking, tangan jadi dempal dan nasi sedadang ludes tak bersisa ha ha ha ha.

 Belum lagi pas acara nyetaknya, karena di kostnya stok cookies cutternya gede-gede segede bagong, maka tercetuslah ide untuk make tutup botol syrup marjan yang sekaligus buat alat ngiles adonan *ha ha ha benar-benar memberdayakan alat seadanya. Ternyata kalo pake tutup botol masih lengket, untung ada temen yang baik hati mau mbolongin tutupnya supaya jari-jemariku bisa masuk ke tutup untuk mendorong kuenya jatuh *huft, thank mbak Titin atas ide kreatifmu.

Ternyata g sampai situ ajah, pas acara ngoven, mungkin karena apinya yang kurang stabil maka pas ditinggal mandi ada bau-bau gosong menyeruak *huaaaaaa, yang rak atas kuenya sudah cokelat sedang rak tengah masih kuning langsat belum matang samsek, eh yang rak bawah setelah dingin diihat bokongnya sudah menghitam, oh no.....bener-bener g beres neh kue 3 loyang. Buru-buru diangkatlah kuenya dan inilah penampakannya beserta pantat gosongnya :-d.

Kue Kacang yang gosong pantat e, ditinggalin mandi hihihi
Oh ya waktu menyangrai kacang usahakan pake api kecil saja supaya matangnya merata dan tidak cepat gosong, serta tidak menggunakan minyak waktu menggorengnya. Setelah dingin buru-buru hilangkan kulit arinya, supaya tidak lengket karena kalo terlalu dingin kulitnya susah lepas dari kacangnya.

Untuk rasa kue ini layak sebagai suguhan hari raya, so kalo males mbikin sendiri jangan sungkan-sungkan buat pesen ke aku ya, ditunggu.

2 komentar:

  1. halo salam kenal juga, maaf baru respon ;D untuk unbleach flour kayaknya disini ga ada deh, bisa diganti dengan tepung segita biru yang banyak di jual. :D

    BalasHapus