Senin, 26 September 2016

Kue Khamir/Kamir

Pertama kali makan kue ini hasil gratisan dari mbak Ifa, namun sayang bukan mbak Ifa sendiri yang buat jadi nggak bisa minta resepnya. Rasa kue khamir/Kamir dari Mbak Ifa ini mirip perpaduan antara pukis dan apem, ada rasa tepung berasnya juga tapi sayang di resep-resep yang beredar rata-rata menggunakan tepung terigu saja. 

Termasuk resep Diah Didi ini, Kue kamirnya mirip pukis yang diberi tape dan mirip banget sama apem berbahan dasar tepung terigu, kurang moist kalau sudah dingin, mungkin efek tidak memakai santan. Semoga suatu saat ada yang mau sharing resep kue Khamir yang mirip buatan adiknya mbak Ifa.



Berikut Kue Kamir/Khamir versi Diah Didi,

Bahan :

250 gram tepung terigu serbaguna
1 butir telur
100 gram gula pasir
2 sdm margarin, lelehkan
Garam secukupnya
Vanilli secukupnya
1 sdt ragi instans
1/2 sdt soda kue/baking powder
150 gram tape singkong
250 ml air

Cara Membuat :
1. Haluskan tape
2. Campur tape dengan semua bahan, kemudian ulenin perlahan dengan tangan sambil dituang air sedikit demi sedikit sampai licin.
3. Diamkan satu atau dua jam hingga adonan mengembang
4. Panaskan cetakan, olesi dengan sedikit minyak
5. Tuang adonan jangan terlalu penuh, soalnya nanti mengembang
6. Masak sampai matang.

Bika Ambon

Bika Ambon merupakan kue tradisional yang paling menantang untuk ditaklukkan, menantangnya melebihi menaklukkan gadis pujaan hati *jiyah bahasanya. Jadi ketika ada yang posting di grup Langsung Enak si bika ambon ekonomis maka bersemangatlah daku untuk bisa menaklukkan. Apalagi jumlah telurnya cukup ekonomis yaitu 4 butir, itupun masih aku kurangi lagi menjadi 2 butir *hihihi, emak-emak irit. Improsasinya kebangetan ya. 

Alhamdulilah meski telurnya aku kurangi menjadi 2 Bika Ambonnya sukses bersarang cantik dan tidak kalah dengan bika ambon yang versi oven. Loh, emang bika ambon ini tidak dioven...? Bika ambon ini dicetak dicetakan lumpur. 

Resepnya aku dari Tutty Frutty, di recook oleh Mila Bunda Ghazi, silahkan coba dirumah masing-masing ya, ntar kabar-kabari.

Bika Ambon

Bika Ambon

Bahan : 
200 Gram Tepung Terigu
200 Gram Tepung Sagu/Tapioka
250 Gram Gula Pasir
4 butir telur ---> aku pakai 2 butir
65 gram margarin 
1 sdm fermipan
450 ml santan matang
1 sachet susu kental manis
2 ruas kunyit parut
Daun Pandan
2 batang sereh geprek
5 lembar daun jeruk
Garam secukupnya
Vanilli secukupnya

Caranya :
1. Santan, daun jeruk, sereh, daun pandan dan kunyit parut, campur jadi satu. Dimasak sampai mendidih dan didinginkan, kemudian saring.
2. Campur tepung terigu, tepung sagu/tapioka, fermipan, vanilli dan santan diaduk pelan-pelan tambahkan susunya setelah tercampur rata, diamkan 1 jam.
3. Campur gula dan telur aduk rata, setelah itu campur dengan adonan tepung yang sudah mengembang. Lalu tuang margarin yang sudah dicairkan  aduk kembali, setelah itu diamkan kembali selama 1 jam *aku diamkan sekitar 15 menit. 
4. Kemudian cetak diatas cetakan lumpur yang sudah dipanaskan *ingat cetakan harus benar-benar panas dan berbunyi cess ketika adonan dituang supaya serat-seratnya keluar.
Jangan tutup kue sebelum keluar pori-pori supaya seratnya bagus dan banyak.




Selasa, 09 Agustus 2016

Rempeyek Kacang

Rempeyek atau biasa dikenal dengan sebutan peyek merupakan masakan rumahan dan sangat populer di masyarakat namun, tidak semua orang bisa membuat peyek yang renyah, empuk dan enak. Karena kebanyakan resep peyek yang ada adalah resep hasil kira-kira. Sehingga sangat sulit untuk menirunya. 

Kemaren sempat buat peyek yang empuk/tidak keras ketika digigit dari hasil resep kira-kira eh besoknya mau buat langsung tidak sama hasilnya *capek dech. Makanya penasaran banget mau bikin nih cemilan. 

Dari hasil mantengin grup Langsung Enak, ada bunda Artie Sunarso posting rempeyek akhirnya coba deh di kost-an. Hasilnya cantik, tidak menyerap minyak dan agak keras (tidak terlalu rapuh. Kayaknya bakalan cocok sama resep ini deh. Tapi semoga besok kalau coba tidak berubah lagi. 



Resep Rempeyek Ala Artie S.

Bahan :
200 gram kacang tanah potong-ppotong, agar matang sempurna
300 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
1 kuning telur
6 lembar daun jeruj iris lembut *aku tidak pakai
350 ml air
Garam secukupnya

Bumbu Halus :
3 Siung Bawang Putih
4 Siung Bawang Merah *tambahan dari aku
3 butir kemiri
1/2 sdt Ketumbar
1 Ruas Ibu Jari kencur *aku tidak pakai
Penyedap jika suka

Cara Membuat :
1. Campur Semua bahan dengan bumbu halus kecuali kacang tanah
2. Panaskan minyak dengan api sedang sampai panas, lalu sendok adonan dengan sendok sayur kecil taburi kacang dan tuang di pinggiran wajan, siram-siram minyak sampai adonan rempeyek merosot/turun ke dalam minyak.
3. Goreng peyek sampai berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Biarkan dingin dan simpan di wadah kedap udara. Rempeyek siap dinikmati kapan saja.

Kacang Cokelat

Ini Kue dibuat pas puasa kemaren sebagai suguhan lebaran, menu baru yang gampil banget buatnya. Awalnya pengin buat ini karena dapet oleh-oleh dari teman yang habis menikah, dicobain ih kok enak dan kayaknya buatnya gampil, tidak perlu mixer.


Maka kemaren pas puas niat banget buat ini, gimana nggak harga kacangnya mahal bingits sekilo tembus 30 ribu itupun kualitas kacangnya nggak bagus-bagus banget. Tapi ya sudahlah ya namanya juga penasaran dan pengen tapi waktu itu cuman buat 1/2 kilogram aja. Karena yang 1/2 kilo buat kue kacang.

Ini yang mau resepnya aku ambil dari cookpad (Kheyla Kitchen), linknya dicari nggak ketemu-ketemu *maaf ya.



Bahan :
500 gram kacang dengan kulit ari
250 gram Dark Cooking Coklat
25 gram Trimit
cup kecil secukupnya

Cara Membuat :
1. Oven kacang sampai matang/kecoklatan (jangan sampai hangus) atau kalau tidak oven bisa disangrai, kemudian kalau sudha dingin remas-remas sampai kulit arinya mengelupas dan bersih serta kacang menjadi terbelah dua.
2. Lelehkan DCC dengan dengan cara ditim, setelah leleh masukkan kacang yang sudah dingin. Aduk-aduk lalu masukkan di cup kecil-kecil hingga semua habis.
3. Kemudian sebelum mengeras/set coklatnya taburi atasnya dengan trimit. Biarkan menegras di toples cantik.

*Jangan terlalu banyak cokelatnya, karena bisa membuat tidak cantik waktu dicetak (mbleber kemana-mana).


Selasa, 26 Juli 2016

Ayam Serundeng

Sekarang punya hoby baru mantengin group Langsung Enak, banyak ilmu dan resep baru yang endes-endes, jadi nggak perlu beli majalah masak-masak :-D. 

Nyobain resep ini pas puasa kemaren, untuk lauk sahur dan buka. Menurutku ini resep enak dan cocok sebagai isian di menu katering atau selamatan buatnya juga gampang semua bisa. Pilih kelapa yang sedang supaya serundengnya enak dan tidak kasar rasanya ketika di makan.



Ayam Goreng Serundeng
By lily maskoer

Bahan :

2 ekor ayam potong sesuai selera
1 buah kelapa parut jangan yang terlalu tua
Ketumbar bubuk 1 saset
Merica /lada bubuk secukupnya
Daun salam 6 lembar
Bumbu halus :

Bawang merah 6 siung
Bawang putih 10 siung
Kemiri 10 butir
Kunyit 2 cm
Laos 1 jempol dewasa
Jahe mau pake bisa...tadi saya gak pake...karna bisa bikin ayam goreng keras..
Semua bumbu di blender/di ulek hingga halus
Cara membuat :

1. Bersihkan ayam potong sesuai selera
2. Tambahkan kelapa parut...bumbu yg sdh di blender..ketumbar, merica /lada bubuk,garam 3. dan penyedap rasa
4. Aduk rata hingga semua bahan tercampur rata
5. Siapkan kukusan...susun ayam di dalam kukusan beserta daun salam dan kukus selama kurang lebih 30 menit....
6. Matikan api dan ayam siap d goreng...
Nb: minyak untuk menggoreng agak banyak ya bun...biar hasilnya bagus.

Stik Bawang

Yihaaaa, ketemu lagi habis lebaran ya...? Ya ampun mak, kemana aja? nggak kemana-mana kali yaks. Masih ada di kantor tapi sok sibuk aja jadi males aja buat posting padahal sih masih tetep nyoba resep-resep baru biar tambah mumpuni gitu ilmunya *jiyah...hihii.

Menjelang lebaran kemaren, nyempetin buat beberapa kue dan kletikan untuk mengisi toples dan suguhan tamu. Ada beberapa resep baru ya diantaranya yang mau aku posting hari ini yaitu Stik Bawang, resepnya dapat dari member Langsung Enak yaitu mbak Eko P.

Monggo disimak dan dippraktekin biar nggak mupeng, kalau mau main ke rumah sudah habis stiknya karena dibuat untuk unjung-unjung ke saudara juga, jadi ya harus buat, di kost sih ada tapi versi beda dari resep ini. Ntar dech diposting resepnya kalau lagi kumat rajinnya ;-).



Stik Bawang 

Bahan :
2 kg terigu
2 butir telur
150 gr margarin
4 sdt garam
10 siung bawang putih
100 gr tepung kanji/aci/tapioka/sagu
700 ml air

Cara Membuat :
Aduk semua bahan menjadi satu, nggak perlu sampai kalis elastis cukup tercampur rata saja lalu giling menggunakan ampia/alat gilingan mie atau kalau mau sekalian olahraga tangan bisa pakai botol bekas minuman sirup untuk menipiskan adonan. Selamat mencoba

Kamis, 02 Juni 2016

Martabak Bolu Mini

Pertama-tama *ciyeeh kayak bu Lurah mau pidato aja hihii, bukan mau minta maaf dulu sebelum dibully. Kali ini photonya jelek, burem *maklum pake Hp jadul, yang penting ada dokumentasinya biar ada bukti kalau dah pernah nyoba nih resep bukan hanya HOAX. 

Dulu sebelum ini pernah nyoba resep martabak mini yang versi ekonomis, hasilnya sih cantik cuman rasanya juga ekonomis :-D. Akhirnya browsing lagi nemu resep ini dan coba dibawa ke kantor, teman-teman komentar kalau martabak mininya enak, hmmm kayaknya ini bisa jadi andalan. Kemaren karena memakai cetakan teflon yang cekung jadinya cuman 14 biji tapi gede-gede dan tebal, mungkin kalau pakai cetakan yang ada di rumah yang pakai cetakan biasa 

Ini gambarnya, motonya pas di kantor burem dan ala kadarnya.





Berikut resepnya :

Bahan A :

250 Gram tepung terigu serba guna/segitiga
15 gram susu bubuk
1/4 sdt baking powder
50 gram gula pasir
1/4 sdt gara,
300 ml air
1/2 sdt ragi instan

Bahan B :

3 butir telur
30 gram gula pasir
3/4 sdt soda kue
25 gram margarine, lelehkan

Cara membuat :

1. Campurkan tepung, susu bubuk, gula, baking powder, garam dan tuang air sedikit demi sedikit sambil dikocok keras (dikeplok-keplok). Masukkan ragi dan dikocok keras lagi. Diamkan selama 30 menit (nanti akan muncul gelembung di adonannya).

2. Di wadah terpisah, kocok telur dengan 30 gram gula pasir. Masukkan ke dalam adonan tepung yang sudah diistirahatkan. Kocok dengan whisk.

3. Masukkan margarin leleh, kocok rata. Masukkan soda kue, kocok dengan whisk hingga muncul gelembung.

4. Masukkan adonan ke dalam loyang apem/kue lumpur (panasi dulu ya). Tuang 1 sendok sayur adonan, tekan menggunakan punggung sendook hingga pinggirnya ada terbentuk dinding tipis. Diamkan hingga bergelembung dan agak kering, taburi gula pasir, tutup pan.

5. Jika sudah kecoklatan, angkat, olesi margarin/butter, berikan topping/filling.

6. Sajikan (1 resep bisa jadi 20 pcs martabak bolu dengan takaran 1 sendok sayur kecil).