Selasa, 13 Maret 2018

Kacang Umpet/Kacang Sembunyi

Kacang Umpet/Sembunyi, lucuk ya namanya hihi.., pernah makan sekali waktu masih jadi anak kuliahan di Malang dulu. Asli penasaran gimana cara bikinnya tapi hanya penasaran karena waktu itu belum ada group masak seperti sekarang. Dulu juga penasaran gimana ya caranya buat nih cemilan, kayaknya sulit  bin ribet deh, eh ternyata setelah dicoba nggak seribet yang dibayangin. Ah memang kalau belum dicoba dilakukan apapun akan terlihat berat dan sulit, jadi just try it dont worry about hasil :-D*tsah sok bijak

Di group Langsung Enak cemilan ini sempat booming dan jadi trending topik, bahkan banyak ibu-ibu yang sudah praktek dan jadi ladang rezeki buat mereka.

Awalnya nggak tertarik buat nyobain kacang sembunyi ini, tapi pas kemaren lihat kulit pangsit di kulkas masih anteng di situ belum diberdayakan, jadi punya ide deh. Pas kebetulan kemaren punya sisa kacang tanah untuk benih.  



Ini aku coba tulis ulang disini supaya tidak hilang ya 

Bahan :
kulit pangsit, aku pakai yang kecil di potong jadi 9 
Kacang tanah secukupnya, soalnya nggak nimbang kemaren, goreng dulu supaya matang.
Gula pasir secukup
minyak secukupnya
putih telur untuk lem

Cara Membuatnya :
1. Potong kulit pangsit jadi 9 bagian
2. Isi dengan kacang, kemudian gulung dan lem dengan putih telur diujungnya supaya nempel
3. Untuk rasa manis, panaskan minyak goreng masukkan gula pasir, tunggu sampai gulanya larut jadi gumpalan kental,
4. Lalu masukkan kulit pangsit ke minyak, aduk-aduk sampai kuning kecoklatan dan gula menempel, pakai api kecil ya supaya matang merata.

Bolu Keju Kukus

Ini Kue gampil banget caranya, simpan mixer sama ovennya baik-baik ya. Karena cukup pakai wishk sudah bisa menikmati lembut ini. Langsung saja ya ke resepnya, aku dapat resepnya dari sharing ibu di Langsung Enak Group Ibu Iing Mutmainnah.




Bahan : 
3 butir telur 
100 gram tepung terigu
24 gram maizena
160 gram gula pasir
60 ml/ aku 2 sachet Susu Kental Manis
125 gram margarin dicairkan
4 gram baking powder
1 bks vanilli/secukupnya
1/2 keju blok (diparut) buat adonan dan 1/2 blok lagi buat toping

Cara membuatnya :
1. Panaskan kukusan dengan api sedang
2. Kocok, Telur dan gula hingga berbusa (pakai wishk)
3. Masukkan terigu, amizena dan baking powder (sambil diayak) secara bertahap. Aduk rata
4. Masukkan Susu Kental Manis dan margarin cair, aduk rata
5. Tuang dalam loyang yang sudah diolesi dengan campuran margarin, minyak sayur dan terigu
6. Kukus kurang lebih 30-35 menit

Senin, 26 September 2016

Kue Khamir/Kamir

Pertama kali makan kue ini hasil gratisan dari mbak Ifa, namun sayang bukan mbak Ifa sendiri yang buat jadi nggak bisa minta resepnya. Rasa kue khamir/Kamir dari Mbak Ifa ini mirip perpaduan antara pukis dan apem, ada rasa tepung berasnya juga tapi sayang di resep-resep yang beredar rata-rata menggunakan tepung terigu saja. 

Termasuk resep Diah Didi ini, Kue kamirnya mirip pukis yang diberi tape dan mirip banget sama apem berbahan dasar tepung terigu, kurang moist kalau sudah dingin, mungkin efek tidak memakai santan. Semoga suatu saat ada yang mau sharing resep kue Khamir yang mirip buatan adiknya mbak Ifa.



Berikut Kue Kamir/Khamir versi Diah Didi,

Bahan :

250 gram tepung terigu serbaguna
1 butir telur
100 gram gula pasir
2 sdm margarin, lelehkan
Garam secukupnya
Vanilli secukupnya
1 sdt ragi instans
1/2 sdt soda kue/baking powder
150 gram tape singkong
250 ml air

Cara Membuat :
1. Haluskan tape
2. Campur tape dengan semua bahan, kemudian ulenin perlahan dengan tangan sambil dituang air sedikit demi sedikit sampai licin.
3. Diamkan satu atau dua jam hingga adonan mengembang
4. Panaskan cetakan, olesi dengan sedikit minyak
5. Tuang adonan jangan terlalu penuh, soalnya nanti mengembang
6. Masak sampai matang.

Bika Ambon

Bika Ambon merupakan kue tradisional yang paling menantang untuk ditaklukkan, menantangnya melebihi menaklukkan gadis pujaan hati *jiyah bahasanya. Jadi ketika ada yang posting di grup Langsung Enak si bika ambon ekonomis maka bersemangatlah daku untuk bisa menaklukkan. Apalagi jumlah telurnya cukup ekonomis yaitu 4 butir, itupun masih aku kurangi lagi menjadi 2 butir *hihihi, emak-emak irit. Improsasinya kebangetan ya. 

Alhamdulilah meski telurnya aku kurangi menjadi 2 Bika Ambonnya sukses bersarang cantik dan tidak kalah dengan bika ambon yang versi oven. Loh, emang bika ambon ini tidak dioven...? Bika ambon ini dicetak dicetakan lumpur. 

Resepnya aku dari Tutty Frutty, di recook oleh Mila Bunda Ghazi, silahkan coba dirumah masing-masing ya, ntar kabar-kabari.

Bika Ambon

Bika Ambon

Bahan : 
200 Gram Tepung Terigu
200 Gram Tepung Sagu/Tapioka
250 Gram Gula Pasir
4 butir telur ---> aku pakai 2 butir
65 gram margarin 
1 sdm fermipan
450 ml santan matang
1 sachet susu kental manis
2 ruas kunyit parut
Daun Pandan
2 batang sereh geprek
5 lembar daun jeruk
Garam secukupnya
Vanilli secukupnya

Caranya :
1. Santan, daun jeruk, sereh, daun pandan dan kunyit parut, campur jadi satu. Dimasak sampai mendidih dan didinginkan, kemudian saring.
2. Campur tepung terigu, tepung sagu/tapioka, fermipan, vanilli dan santan diaduk pelan-pelan tambahkan susunya setelah tercampur rata, diamkan 1 jam.
3. Campur gula dan telur aduk rata, setelah itu campur dengan adonan tepung yang sudah mengembang. Lalu tuang margarin yang sudah dicairkan  aduk kembali, setelah itu diamkan kembali selama 1 jam *aku diamkan sekitar 15 menit. 
4. Kemudian cetak diatas cetakan lumpur yang sudah dipanaskan *ingat cetakan harus benar-benar panas dan berbunyi cess ketika adonan dituang supaya serat-seratnya keluar.
Jangan tutup kue sebelum keluar pori-pori supaya seratnya bagus dan banyak.




Selasa, 09 Agustus 2016

Rempeyek Kacang

Rempeyek atau biasa dikenal dengan sebutan peyek merupakan masakan rumahan dan sangat populer di masyarakat namun, tidak semua orang bisa membuat peyek yang renyah, empuk dan enak. Karena kebanyakan resep peyek yang ada adalah resep hasil kira-kira. Sehingga sangat sulit untuk menirunya. 

Kemaren sempat buat peyek yang empuk/tidak keras ketika digigit dari hasil resep kira-kira eh besoknya mau buat langsung tidak sama hasilnya *capek dech. Makanya penasaran banget mau bikin nih cemilan. 

Dari hasil mantengin grup Langsung Enak, ada bunda Artie Sunarso posting rempeyek akhirnya coba deh di kost-an. Hasilnya cantik, tidak menyerap minyak dan agak keras (tidak terlalu rapuh. Kayaknya bakalan cocok sama resep ini deh. Tapi semoga besok kalau coba tidak berubah lagi. 



Resep Rempeyek Ala Artie S.

Bahan :
200 gram kacang tanah potong-ppotong, agar matang sempurna
300 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
1 kuning telur
6 lembar daun jeruj iris lembut *aku tidak pakai
350 ml air
Garam secukupnya

Bumbu Halus :
3 Siung Bawang Putih
4 Siung Bawang Merah *tambahan dari aku
3 butir kemiri
1/2 sdt Ketumbar
1 Ruas Ibu Jari kencur *aku tidak pakai
Penyedap jika suka

Cara Membuat :
1. Campur Semua bahan dengan bumbu halus kecuali kacang tanah
2. Panaskan minyak dengan api sedang sampai panas, lalu sendok adonan dengan sendok sayur kecil taburi kacang dan tuang di pinggiran wajan, siram-siram minyak sampai adonan rempeyek merosot/turun ke dalam minyak.
3. Goreng peyek sampai berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Biarkan dingin dan simpan di wadah kedap udara. Rempeyek siap dinikmati kapan saja.

Kacang Cokelat

Ini Kue dibuat pas puasa kemaren sebagai suguhan lebaran, menu baru yang gampil banget buatnya. Awalnya pengin buat ini karena dapet oleh-oleh dari teman yang habis menikah, dicobain ih kok enak dan kayaknya buatnya gampil, tidak perlu mixer.


Maka kemaren pas puas niat banget buat ini, gimana nggak harga kacangnya mahal bingits sekilo tembus 30 ribu itupun kualitas kacangnya nggak bagus-bagus banget. Tapi ya sudahlah ya namanya juga penasaran dan pengen tapi waktu itu cuman buat 1/2 kilogram aja. Karena yang 1/2 kilo buat kue kacang.

Ini yang mau resepnya aku ambil dari cookpad (Kheyla Kitchen), linknya dicari nggak ketemu-ketemu *maaf ya.



Bahan :
500 gram kacang dengan kulit ari
250 gram Dark Cooking Coklat
25 gram Trimit
cup kecil secukupnya

Cara Membuat :
1. Oven kacang sampai matang/kecoklatan (jangan sampai hangus) atau kalau tidak oven bisa disangrai, kemudian kalau sudha dingin remas-remas sampai kulit arinya mengelupas dan bersih serta kacang menjadi terbelah dua.
2. Lelehkan DCC dengan dengan cara ditim, setelah leleh masukkan kacang yang sudah dingin. Aduk-aduk lalu masukkan di cup kecil-kecil hingga semua habis.
3. Kemudian sebelum mengeras/set coklatnya taburi atasnya dengan trimit. Biarkan menegras di toples cantik.

*Jangan terlalu banyak cokelatnya, karena bisa membuat tidak cantik waktu dicetak (mbleber kemana-mana).


Selasa, 26 Juli 2016

Ayam Serundeng

Sekarang punya hoby baru mantengin group Langsung Enak, banyak ilmu dan resep baru yang endes-endes, jadi nggak perlu beli majalah masak-masak :-D. 

Nyobain resep ini pas puasa kemaren, untuk lauk sahur dan buka. Menurutku ini resep enak dan cocok sebagai isian di menu katering atau selamatan buatnya juga gampang semua bisa. Pilih kelapa yang sedang supaya serundengnya enak dan tidak kasar rasanya ketika di makan.



Ayam Goreng Serundeng
By lily maskoer

Bahan :

2 ekor ayam potong sesuai selera
1 buah kelapa parut jangan yang terlalu tua
Ketumbar bubuk 1 saset
Merica /lada bubuk secukupnya
Daun salam 6 lembar
Bumbu halus :

Bawang merah 6 siung
Bawang putih 10 siung
Kemiri 10 butir
Kunyit 2 cm
Laos 1 jempol dewasa
Jahe mau pake bisa...tadi saya gak pake...karna bisa bikin ayam goreng keras..
Semua bumbu di blender/di ulek hingga halus
Cara membuat :

1. Bersihkan ayam potong sesuai selera
2. Tambahkan kelapa parut...bumbu yg sdh di blender..ketumbar, merica /lada bubuk,garam 3. dan penyedap rasa
4. Aduk rata hingga semua bahan tercampur rata
5. Siapkan kukusan...susun ayam di dalam kukusan beserta daun salam dan kukus selama kurang lebih 30 menit....
6. Matikan api dan ayam siap d goreng...
Nb: minyak untuk menggoreng agak banyak ya bun...biar hasilnya bagus.