Rabu, 13 Februari 2019

Martabak Telur Mini Ekonomis

Martabak Telur Mini Ekonomis, kenapa ada embel-embel ekonomisnya?, ya karena tidak ada dagingnya hanya telur dan daun bawang saja. Awalnya sempat ragu mau nyobain resep ini, pertama karena takut tidak bisa buat dadar kulitnya sebagus resepnya, pengalaman sebelumnya dadarnya bolong dan rusak *huft sedih. Kedua, takut bocor sewaktu digoreng. Namun, sungguh baik hati si empunya resep memberikan tutorial cara melipatnya. Resep aku ambil dari Langsungenak milik Bunda Awwal Ria, semoga menjadi jariyah bagi beliau.

Martabak Telur Mini ini bisa sebagai variasi jajanan anak Sekolah karena ekonomis. 




Berikut resepnya. 
Bahan Kulit : 
250 gram tepung terigu segitiga
1 butir telur
450-500 ml air (bisa disesuaikan sendiri kekentalannya)
Garam dan Penyedap rasa

Bahan Isi :
Daun Bawang Prei secukupnya
Telur secukupnya

Cara Membuat :
1. Mixer/aduk semua bahan jadi satu sampai tidak ada bergerindil
2. Dadar adonan pada teflon yang sudah dipanaskan kira-kira satu sendok sayur *aku sendok sayurnya kecil jadi satu setengah sendok sayur.
3. Isi kulit satu-satu di piring kemudian taruh daun bawang prei sesuai selera kemudian telurnya 2 sendok makan atau lebih sesuai selera juga, kemudian lipat menyerupai amplop. Jangan dibalik sebelum masuk ke wajan, karena kalau dibalik telurnya bisa bocor. Lipat dan langsung masukkan wajan yang minyaknya sudah dipanaskan. tidak usah menunggu semua dilipat semua karena biasanya waktu menunggu/antri masuk wajan bisa bocor.
4. Goreng dengan posisi lipatan tutup ada dibawah dan balik sekali saja saat sudah berubah warna kekuningan, biar tidak bocor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar