Minggu, 16 September 2012

Kue Kurma

Sudah luaaama pengen buat kukis ini tapi masih takut mo buatnya, karena takut gagal diproses ngaramelnya hiksz. Tapi sejak kemaren liat postingannya mbak Hesti, jadi semangat lagi mo buat nih kukis. Apalagi masih punya stok kacang tanah yang sudah luaaama juga g diberdayakan. Biasalah sok sibuk :-P. 

Membuat kukis ini penuh perjuangan apalagi proses karamelisasinya fyuhhhh *berat nian kudu ngedate di depan kompor hyaaaah, apalagi tahu sendiri Surabaya so hot *ngelap keringat.

Resepnya saya ambil dari sini thanks mbak Hesti atas sharing resepnya dan quick responnya untuk menjawab pertanyaan saya :-).


Kue Kurma
Bahan :
250 gram mentega ---> aku pakai margarin 
300 gram tepung terigu protein rendah ---> aku pakai lencana merah
2 sdm maizena
75 gram gula halus
1 butir telur

Bahan Karamel :
Gula pasir secukupnya
Air mendidih secukupnya ---> aku air dingin, soalnya kompor di kost cuman satu 
Kacang Tanah secukupnya ---> sangrai atau oven, cincang kasar

Cara membuat :
1. Kocok gula dan mentega sampai putih, masukkan telur.
2. Masukkan tepung terigu dan maizena sedikit demi sedikit sambil diayak, aduk hingga rata pakai sendok kayu.
3. Cetak adonan sebesar ibu jari atau sesuai selera, kalo mo dibalut kacang semuanya buat kecil-kecil aja, soalnya kalo dibalut semua jadinya gede. 
4. Panggang adonan hingga matang kurleb 30 menit.

Cara Membuat Karamel :
1. Sesuai petunjuk dari mbak hesti, pertama aku lelehkan 1/2 atau 125 gram gelas gula sampai meleleh dan kuning keemasan. 
2. Kemudian masukkan air mendidih sekitar 3-4 sdm. Biarkan rata dan menjadi cairan gula yang kental.
3. Dalam kondisi panci di atas kompor dengan api kecil, masukkan 3-4 kue ke dalama larutan gula/karamel, baluri sampai tertutup karamel. Kalo aku kemaren semua aku balurin karamel, kalo g mau kelihatan gede ya balur samping sama atas aja, dasar kukis g perlu dibalurin.
4. Lalu angkat dan gulingkan dalam wadah berisi kacang cincang.
5. Tunggu hingga dingin, sajikan atau masukkan toples.

Kemaren, aku membuat satu resep saja dapat satu stoples tanggung bekas permen yupie.hap...hap...rasanya g mo berhenti kalo ngunyah ini hihihi, gimana mo buat lagi? makan lagi aja buatnya ogah hihii.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar