Kamis, 20 Maret 2014

Terang Bulan / Martabak Manis

Punya sisa kacang cincang sisa buat toppingnya donat kemaren itu, cari cara untuk menghabiskannya. Cling nemu ide untuk dibuat toping martabak atau terang bulan, maka dimulailah perburuan resep, secara belum pernah juga bikin martabak manis ini. Eh tapi kayaknya sih pernah ya nyoba tapi lupa kemaren dapat resepnya darimana *pikun. Kemaren itu seingatku buatnya martabak manis yang imut, pakai cetakan lumpur. Berhubung cetakan lumpurnya sudah mudik ke kampung di rumah Ponorogo, jadi buatnya pakai teflon aja dengan setting api paling kecil. Daaaan tetap jadi kok ;-), g ada alasan dong buat 

Setelah browsing-browsing dan disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada maka dipilihlah resep dari mbak Rina Rinso, eh lha kok barengan juga mbak Hesti Posting juga resep yang sama. Hasil martabaknya tetap empuk hingga sore tapi kemaren diprotes ketebalan kulitnya bukan isinya he he he *biar cepet rampung gitu maksudnya.

Tapi maafkeun photonya jelek, karena motonya sudah sore menjelang malam selepas pulang kerja. Matahari sebagai sumber cahaya yang paling utama sudah beranjak ke peraduannya *jiyah. Padahal buatnya pagi sebelum berangkat ngantor. Tapi sudah ke buru-buru juga sih, makanya nggak sempat difoto, maklumlah sukanya mepet-mepet he he he.



Martabak Bolu Manis / Terang Bulan 

Bahan :

250 gram tepung terigu serbaguna (segitiga biru)
50 gram gula pasir
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam 
300 cc susu cair --> aku pakai air plus SKM/Susu Kental Manis
3 butir telur
30 gram gula
1/2 sdt fermipan/ragi instan
1/4 sdt baking powder
50 gram mentega dicairkan --> aku pakai margarin

Taburan :
Butter
gula pasir
Susu Kental Manis
Keju Parut
Cokelat Meises

Cara Membuat :
1. Campur jadi satu terigu, gula, baking powder dan garam
2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisker, setelah tercampur rata masukkan fermipan dan istirahatkan selama 30 menit.
3. Di tempat lain kocok telur dan gula (kocok lepas aja pakai garpu) kemudian masukkan ke dalam adonan yang sudah diistirahatkan selama 30 menit.
4. Terakhir masukkan mentega cair dan baking powder.
5. Panaskan cetakan, ambil 1 sendok sayur cetakan, biarkan sampai adonan mengembang dan berlubang, taburi dengan gula kemudian tutup hingga matang.
6. Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter, kemudianberi susu kental manis dan keju atau topping lainnya sesuai selera sebagai taburan.

* Baking powder memang ditulis 2 kali ya diresep, bukan salah tulis memang begitu resepnya. Ikuti saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar