Selasa, 09 Agustus 2016

Rempeyek Kacang

Rempeyek atau biasa dikenal dengan sebutan peyek merupakan masakan rumahan dan sangat populer di masyarakat namun, tidak semua orang bisa membuat peyek yang renyah, empuk dan enak. Karena kebanyakan resep peyek yang ada adalah resep hasil kira-kira. Sehingga sangat sulit untuk menirunya. 

Kemaren sempat buat peyek yang empuk/tidak keras ketika digigit dari hasil resep kira-kira eh besoknya mau buat langsung tidak sama hasilnya *capek dech. Makanya penasaran banget mau bikin nih cemilan. 

Dari hasil mantengin grup Langsung Enak, ada bunda Artie Sunarso posting rempeyek akhirnya coba deh di kost-an. Hasilnya cantik, tidak menyerap minyak dan agak keras (tidak terlalu rapuh. Kayaknya bakalan cocok sama resep ini deh. Tapi semoga besok kalau coba tidak berubah lagi. 



Resep Rempeyek Ala Artie S.

Bahan :
200 gram kacang tanah potong-ppotong, agar matang sempurna
300 gram tepung beras
50 gram tepung tapioka
1 kuning telur
6 lembar daun jeruj iris lembut *aku tidak pakai
350 ml air
Garam secukupnya

Bumbu Halus :
3 Siung Bawang Putih
4 Siung Bawang Merah *tambahan dari aku
3 butir kemiri
1/2 sdt Ketumbar
1 Ruas Ibu Jari kencur *aku tidak pakai
Penyedap jika suka

Cara Membuat :
1. Campur Semua bahan dengan bumbu halus kecuali kacang tanah
2. Panaskan minyak dengan api sedang sampai panas, lalu sendok adonan dengan sendok sayur kecil taburi kacang dan tuang di pinggiran wajan, siram-siram minyak sampai adonan rempeyek merosot/turun ke dalam minyak.
3. Goreng peyek sampai berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Biarkan dingin dan simpan di wadah kedap udara. Rempeyek siap dinikmati kapan saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar