Minggu, 12 Juni 2011

Dibalik Aroma Daun Pandan

Daun Pandan diambil dari sini nih gambar
Hmmm kayaknya makin lama blog ini juga punya nasib yang tidak jauh beda dengan pendahulunya terlantar akibat kesibukan di dunia nyata. ciieh gayanya padahal aslinya ya sibuk tidur ajah. Untuk posting kali ini karena beberapa kesibukan dan lain hal makanya laporan bakingnya ditunda sampai serpihan semangatnya kembali menyatu *adonan kali nyatu he he he.

Sudah pada kenal kan sama daun pandan??? hayuk angkat jari sapa yang belum, kacian deh yang belum tahu. Kebanyakan dari kita termasuk aku mungkin tahu daun pandan hanya untuk menambah aroma harum untuk kue, masakan, minuman atau untuk buat campuran taburan bunga orang meninggal ya?*hii syerem. Lets check it out, apa saja khasiat daun pandan.

Bagi orang Indonesia keberadaan dari daun pandan tidak bisa dipisahkan dalam sejarah perkulineran ataupun guna kepentingan lainnya tentunya. Harumnya membuat hasil masakan atau kue menjadi semakin menggoda untuk disantap. Daun Pandan tidak hanya dikenal di Indonesia tapi juga hampir disemua negara Asean. Nama keren di mancanegara dari daun pandan adalah screwpine leaf.

Daun panda wangi atau biasa disebut dengan daun pandan saja, ternyata berasal dari Indonesia yaitu dari daerah Bangka. Daun Pandan merupakan keluarga pandanaceae serta mempunyai nama latin Pandanus amaryllifoius Roxb. Pandan merupakan tanaman yang banyak sekali jenisnya, ada pandan berduri yang biasa dijadikan bahan anyaman tikar, Pandan hutan ada juga yang berjenis kecil yang daunnya biasa kita gunakan sebagai pengharum dalam masakan kita.

Apa sih kandungan daun Pandan?

Eh usut punya usut Setelah baca dari TABLOID KOKI edisi 00187 ternyata daun pandan mengandung <span style="font-style:italic;">alkaloid, saponin, falvoida, tanin, polifenol</span>, dan zat warna. Seperti teh, kandungan tanin dan polifenol yang ada dalam daun pandan berguna sebagai penenang.

Daun Pandan selain berguna untuk memberi aroma pada makanan juga memiliki manfaat bagi kecantikan dan kesehatan, yaitu :

1. Tonikum : Penambah nafsu makan dan penenang,
2. Berfungsi mengatasi lemah syaraf/neurasthenia, tidak nafsu makan, rematik, pegal linu, sakit disertai gelisah, rambut rontok,
3. Mneghitamkan rambut dan ketombe.

Gimana, ternyata daun pandan banyak manfaatnya ya..? baru tahu kan....sama dong kalo g nulis gini mungkin juga males bacanya *ah daun pandan kan cuman berguna untuk mengharumkan makanan ajah. Jadi kalo kurang lengkap ulasananya bisa ditambahin atau dicari lewat mbah Google..nice dream all...ngantuk ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar