Rabu, 19 Agustus 2015

Kue Garpu/Kue Kerang

Hiya halo sodara sudah lama ya daku nggak muncul, sebenarnya masih baking dan masak-masak juga tapi enggak posting-posting aja. Beberapa kali nyoba resep baru tapi semangat untuk posting lagi lenyap ditelan bumi. Aduh ini aja sudah lupa apa kemaren password buat login, terus pakai jenis font apa ya kemaren *huft efek bumil malas ini.

Oke, back to the kue, kue ini aku buat setelah lebaran kemaren. Soalnya pas lebaran kemaren aku sudah nggak kuat untuk nyoba-myoba resep baru. Jadi kemaren pas lebaran cukup membuat kue-kue yang sudah pernah diuji coba sebelumnya sama ada tambahan resep kacang telur yang super mulus kayak pahanya si sapi hihihi. 

Kenapa namanya kue garpu karena dicetakin pakai punggungnya garpu, dan kenapa dinamakan kue kerang karena setelah dicetakin pakai garpu bentuknya mirip rumahnya kerang. Untuk resepnya diambil dari resepnya tyty. Sudah lama pengen mencoba resep ini, print hilang, print lagi hilang lagi, begitu sampai akhirnya kemaren niat banget untuk membuat kue ini. Mulai ngadon jam 2 siang selesai nyetakin jam 8 malam *fyuh sambil lap keringat.Kue ini rasanya asin gurih plus aroma seledri. Yang paling menantang dalam pembuatan kue ini adalah nyetakin kue ke garpunya, butuh ketelatenan dan kesabaran tingkat dewa *lebay.




Bahan : 
- 500 kg tepung terigu 
- 50 gram tepung kanji 
- 1 butir telur - 1/2 sdt garam 
- 100 ml air 
- 3 lembar daun seledri iris tipis 
- 100 gram mentega 
- 1/2 bungkus kaldu sapi 

Cara membuat: 
- Lelehkan mentega dan biarkan hingga hangat 
- Campur tepung terigu , kanji telur, kaldu sapi, garam, daun seledri dan air lalu aduk rata
- Masukkan mentega , aduk hingga kalis 
- Siapkan garpu 
- Tekan-tekan adonan sebesar ibu jari 
da ",Merienda;">- Gulung adonan ke ujung hingga membentuk kerang
- Goreng sampai tenggelam dengan minyak panas, cukup dengan api kecil saja.

Dari hasil uji coba kemaren, menurutku kue garpu ini masih agak keras meskipun dengan penambahan 1 butir
telur dan menyebabkan minyak untuk menggorengnya menjadi berbuih. Mungkin lain kali mau mencoba dengan menambahkan tepung kanji lebih banyak dan mengurangi jumlah tepung terigunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar