Kamis, 20 Agustus 2015

Kacang Telur Manis

Eh kenapa pakai acara dikasih embel-embel manis itu si kacang?, ya karena ini kacang telurnya manis, kan kadang-kadang ada yang rasanya gurih. Sudah lama nyari resep kacang telur yang tepungnya bisa nempel cantik dan mulus tapi belum nemu-nemu juga. Nah pas bulan Ramadhan kemaren di grup kuliner yang aku ikutin LangsungEnak ada yang posting mengenai kacang telur ini nah langsung deh praktek. Tapi lupa kemaren siapa yang posting lupa nggak dicopy namanya cuman langsung copy aja resepnya. 

Percobaan pertama, dikost karena keterbatasan alat hanya menggunakan nampan plastik hasilnya tidak mulus ditambah akunya tidak bisa memainkan nampan dengan baik atau bahasanya ibu ora pinter "inter-inter". Tapi untuk percobaan pertama ini lumayan baiklah tanpa adanya insiden kacang telurnya mbrondoli lagi tepung lumayan mulus tampilannya. Di percobaan kedua di rumah ditemani oleh ibuk, ibuk bagian yang "nginteri" jadilah kacangnya bulet-bulet mulus dan cantik.

Berikut resepnya, kalau ada yang minat mungkin bisa dijadikan variasi isi toples nanti pas lebaran atau kalau ada acara-acara seperti nikahan, arisan dan lainnya bisa dijadikan isian snack box.



Bahan :
1 kg Kacang tanah
1 kg tepung terigu
6 butir telur
250 gram gula, kemaren aku memakai 300 gram tapi masih kurang manis menurut ibuk mesti ditambah kayaknya
Garam sedikit
1 ltr minyak goreng
Vanilli bubuk 

Cara Membuat :
1. Kocok telur, gula, vanilli, garam sampai mengembang selama 10-15 menit --> aku hanya sampai mengembang saja.
2. Siapkan wadah untuk kacang (jadi wadahnya nanti ada 3, 1 untuk kacang, 1 untuk kocokan telur, 1 untuk tepung terigu)
3. Masukkan kocokan telur 2 sdm ke kacang lalu aduk rata, terus masukin terigu ke kacang yang sudah dicampur telur 2 sdm juga. Langsung aduk rata biar nggak menggumpal, aduknya pakai senduk plastik yang lembut/lentur atau tangan juga boleh,
4. Ulangi sampai telur habis dan kacang terlapisi semua. 
5. Setiap selesai mengulangi memasukkan kocokan telur dan terigu, sebaiknya kacangnya di"interi" diputar-putar diatas nampan supaya bulatannya mulus dan cantik.
6. Goreng pada minyak panas dengan api sedang sampai kuning agak kecoklatan,
7. Angkat dan dinginkan, siap disajikan. 

Menurut ibu, tepungnya terlalu tebal dan kurang empuk, mungkin lain kali mau nyoba dengan rasa yang gurih dan ditambah tepung kanji. Nanti kalau sudah dicoba diposting dech.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar