Selasa, 01 September 2015

Bandeng Presto Homemade

Ngidam pengen panci presto ini sudah lama banget, tapi selalu saja kalau ada rejeki dibuat yang lain dulu *istilahnya skala prioritas lah.Sampai suatu hari dapat rejeki maka bergegaslah untuk segera membeli si panci ini, kalau tidak begitu ya pasti duitnya lagi-lagi ke pakai lagi. Maka meskipun mendung sudah bergelayut di langit dan tinggal diturunkan nekatlah pergi ke toko langganan untuk membeli si panci ini. Wal hasil pulangnya sudah tentu basah kuyup padahal tinggal 1 km lagi perjalanan, namun karena kalau hujan Surabaya selalu macet. 

Itulah sekilas cerita pembuka yang cukup menyedihkan ya...? *he he he, ya demi bisa praktek si bandeng presto idaman. Padahal sehabis beli panci sih nggak langsung diberdayakan masih aja mangkrak si panci dengan manisnya di kamar. Sampai suatu hari tersebersit keinginan untuk praktek bandeng presto ini, setelah jalan-jalan di pasar lihat bandeng-bandeng seger yang gedenya sedangan kayaknya cocok untuk bandeng presto. Maka diboronglah 1/2 kg bandeng presto ke kost-an.

Cara membuatnya aku ambil dari sini yach, ini menurutku yang paling mudah caranya.



Bahan :
1/2 kg bandeng, bersihkan
1/2 buah jeruk nipis
1 sdt ragi tape
2 cm lengkuas geprek
2 batang serai
2 lembar daun salam
Daun pisang secukupnya

Bumbu Halus :
6 siung bawang putih
3 cm kunyit
1 cm jahe
3/4 sdt garam
1 sdm gula pasir

Bahan Pelapis :
1 butir telur
Garam Secukupnya.

Cara Membuat :
 1. Cuci dan bersihkan bandeng. Beri beberapa sayatan pada badannya. Lalu lumuri secara berurutan; air jeruk nipis, ragi tape dan terakhir bumbu halus. Masukkan kedalam kulkas dan biarkan selama 2 jam.
2. Tuang air kedalam panci presto hingga mencapai ketinggian yang sama dengan sekat panci. Masukkan 2 ekor bandeng tambahkan serai, lengkuas dan daun salam.
3. Letakkan daun pisang diatas bandeng
4. Letakkan sisa bandeng diatas daun pisang. Tambahkan serai, daun salam dan lengkuas
5. Tutup kembali dengan daun pisang. Tutup panci presto kemudian masak diatas api besar.
6. Jika telah keluar uap dari lubang panci, segera tutup Katup dan lanjutkan memasak dengan api sedang selama 1 jam. Matikan api.
7. Setelah dingin, buka panci presto. Kocok lepas telur dan garam. Lumuri bandeng presto dengan telur.
8. Goreng dalam minyak panas hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
9. Bandeng presto siap disajikan       

Tapi hasilnya masih kurang memuaskan kalau menurutku, durinya masih belum lunak sehingga belum bisa disebut bandeng pretso yang sesungguhnya *tsah. Maklumlah belum tahu benar harus berapa lama proses memprestonya takut kalau kelamaan bandengnya hancur, sehingga kita harus kenalan lebih dekat sama pancinya. 

1 komentar: