Rabu, 18 Mei 2016

Kacang Telur Manis Gurih

Hiyaaa, baru ada semangat buat ngeblog lagi setelah sekian lama......, maafkeun setelah cuti melahirkan baru sempat update dan ada semangat buat ngeblog lagi nih, kalo baking sih sering tapi ya nggak sempet terdokumentasi. Maklum sekarang ada si kecil jadi ribet gitu deh, mau pegang HP aja sudah pasti direbut sama si kecil, belum lagi kalau dedeknya lapar pasti jerit-jerit minta segera dikasih ASI. 

Dulu kala sih pernah nyoba telur tapi yang versi manis aja, tapi si kanjeng mami minta kacang telurnya yang manis tapi ada rasa gurihnya juga seperti yang beli-beli itu. Akhirnya searching dech di google nyampek ke cookpadnya Diana Ghazaly dan langsung deh capcus buat, waktu itu sih buatnya waktu hamil si dedek. 

Dari resep ini ada modifikasi sedikit dari aku, yaitu tepung terigunya aku ganti sebagian dengan tepung tapioka supaya kacang telurnya lebih kress dan empuk pas digigitnya. Sebab kata kanjeng mami kacang telur yang terdahulu rasanya agak alot/keras karena full terigu. 




Berikut resepnya 

Bahan :

250 gram kacang tanah
250 gram tepun terigu + tapioka/kanjii ( perbandingan 50:50)
1 butir telur
100 gram gula halus
1 sdt garam
1 bks royco rasa ayam
3 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat :
1. Kocok telur, garam, gula dan bawang putih halus smapai mengembang,
2. Siapkan wadah untuk kacang (jadi wadahnya ada 3, 1 untuk kacang, 1 untuk kocokan telur, 1 untuk tepung terigu)
3. Masukkan kocokan telur 2 sdm  ke kacang lalu aduk rata, terus masukin terigu+tapioka ke kacang yang sudah dicampur telur 2 sdm juga. Langsung aduk rata biar tidak menggumpal, dan pisahkan kacang yang mengumpal. Aduknya pakai sendok plastik yang lembut dan lentur atau tangan juga boleh,
4. Ulangi sampai telur habis dan kacang terlapisi semua
5. Setiap selesai mengulangi memasukkan kocokan telur dan tepung, sebaiknya kacang di"interi" atau diputar-putar dengan nampan/tampah supaya bentuknya bulat mulus dan cantik,
6. Goreng pada minyak panas dengan api sedang sampai kuning agak kecoklatan,
7. Angkat dan tiriskan, simpan dwadah kedap udara jika sudah dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar