Kamis, 02 Juni 2016

Martabak Bolu Mini

Pertama-tama *ciyeeh kayak bu Lurah mau pidato aja hihii, bukan mau minta maaf dulu sebelum dibully. Kali ini photonya jelek, burem *maklum pake Hp jadul, yang penting ada dokumentasinya biar ada bukti kalau dah pernah nyoba nih resep bukan hanya HOAX. 

Dulu sebelum ini pernah nyoba resep martabak mini yang versi ekonomis, hasilnya sih cantik cuman rasanya juga ekonomis :-D. Akhirnya browsing lagi nemu resep ini dan coba dibawa ke kantor, teman-teman komentar kalau martabak mininya enak, hmmm kayaknya ini bisa jadi andalan. Kemaren karena memakai cetakan teflon yang cekung jadinya cuman 14 biji tapi gede-gede dan tebal, mungkin kalau pakai cetakan yang ada di rumah yang pakai cetakan biasa 

Ini gambarnya, motonya pas di kantor burem dan ala kadarnya.





Berikut resepnya :

Bahan A :

250 Gram tepung terigu serba guna/segitiga
15 gram susu bubuk
1/4 sdt baking powder
50 gram gula pasir
1/4 sdt gara,
300 ml air
1/2 sdt ragi instan

Bahan B :

3 butir telur
30 gram gula pasir
3/4 sdt soda kue
25 gram margarine, lelehkan

Cara membuat :

1. Campurkan tepung, susu bubuk, gula, baking powder, garam dan tuang air sedikit demi sedikit sambil dikocok keras (dikeplok-keplok). Masukkan ragi dan dikocok keras lagi. Diamkan selama 30 menit (nanti akan muncul gelembung di adonannya).

2. Di wadah terpisah, kocok telur dengan 30 gram gula pasir. Masukkan ke dalam adonan tepung yang sudah diistirahatkan. Kocok dengan whisk.

3. Masukkan margarin leleh, kocok rata. Masukkan soda kue, kocok dengan whisk hingga muncul gelembung.

4. Masukkan adonan ke dalam loyang apem/kue lumpur (panasi dulu ya). Tuang 1 sendok sayur adonan, tekan menggunakan punggung sendook hingga pinggirnya ada terbentuk dinding tipis. Diamkan hingga bergelembung dan agak kering, taburi gula pasir, tutup pan.

5. Jika sudah kecoklatan, angkat, olesi margarin/butter, berikan topping/filling.

6. Sajikan (1 resep bisa jadi 20 pcs martabak bolu dengan takaran 1 sendok sayur kecil).

1 komentar:

  1. Keliatane enak, cobain ahh.... makasih infone
    mampir ke blog ayas ya www.binvaradis.or.id

    BalasHapus