Minggu, 19 Juni 2011

ROTI ABON


Halo halo para penggemarku semuanya, selalu wiken bingung mo ngapain. Habis shubuh diusahain tidak bubuk lagi rencananya mo jalan-jalan di jogging tracknya Perumahan Nginden Intan, mayan banyak disana yang melakukan aktifitas olahraga pagi. Awalnya sempet ragu, soalnya yang lain pada pake sepatu eh akunya pake sandal jepit dengan pakaian ala kadarnya eh tapi g semua ding, banyak juga yang seperti daku. Kurang lebih setengah jam jogging capek dan laper pulang ah, terus lihat si ustadz Maulana yang centil itu sampai jam 7-an sambil males-males-an di depan tipi.

Deng terejeng jam 7 berangkat ke pasar ajahlah, tapi sebelum berangkat lihat-lihat dulu ah contekan resep dan bahan yang diperluin supaya ntar g bolak balik ke pasar. Kemaren, sempat terbersit pengen nyoba bikin roti tapi sempet ragu apa bisa yah, secara kelihatannya susah deh buat roti itu apalagi butuh ekstra power untuk ngulenin huah ini yang ngak sanggup, Ah masak belum dicoba kok dah bilang g bisa. 

Lihat-lihat koleksi resep, nemu resep saji tahun jadul 2004 *koleksi jaman kuliah hihihi, dulu cuman bisa ngumpulin ajah tak pernah praktek :-d. Setelah bandingin ama resep koki, akhirnya milih resep di Saji aja secara lebih simple, lebih irit telur :-d. Namun, untuk isinya pilih abon ajah daripada susah-susah buat isinya.
Sempat was-was takut kalo adonannya g bisa ngembang karena aku makai tepungnya g protein tinggi semua namun dicampur dengan tepung protein sedang he he he, disambi masak nasi dan bersih-bersih coba ditengok eh ternyata adonannya ngembang thanks God. Lihat rotinya setelah diisi kok merasa aneh ajah ya, ternyata aku bisa juga yang ngulenin adonan hingga kalis seperti ini.

Ini kalo mau nyoba resepnya :

Roti Abon, karena isinya abon

ROTI COKELAT aka ABON

Bahan :
550 gram tepung terigu protein tinggi/cakra à aku pake 450 gram tepung terigu cakra dan 100gram terigu segitiga.
100 gram gula pasir
 1 ½ sdt ragi instan à aku pake satu bungkus fermipan
1 butir telur
¼ sdt garam à aku g pake takut raginya mati :-d
½ sdt pelembut roti à aku g pake
275 ml air
50 gram margarine

Bahan Isi :
Cokelat :
50 gram tepung terigu segitiga sangria
25 gram cokelat bubuk
100 gram tepung gula
65 gram margarine
½ sdt cokelat pasta
Aku pake ABON lebih simple dan lebih gampang ajah.
BAHAN OLESAN :
2 kuning telur à aku salah pake putihnya juga pantes encer :-d, akibat salah baca resep
¼ sdt madu à tidak pake aku, tidak ada stok di kost
1 sdm air
¼ sdt garam

CARA MEMBUAT :
1.       Campur tepung terigu, gula, ragi dan pelembut roti
2.       Tambahkan telur, air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis
3.       Masukkan garam, margarine sambil diuleni hingga elastic. Diamkan adonan selama 30 emnit
4.       Aduk bahan isi sampai rata
5.       Kempiskan adonan hingga udara didalamnya habis. Timbang adonan roti @ 40 gram, bulatkan lalu diamkan selama 10 menit.
6.       Pipihkan adonan roti lalu sendokkan isi, bulatkan, pipihkan lagi lalu gunting atau iris dengan pisau bagian sisinya. Diamkan selama 45 menit sampai adonan mengembang 2x lipat.
7.       Aduk bahan olesan lalu oleskan ke atas roti, oven roti selama 15 menit dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.

Hasil jadi satu resep ini sekitar 26 buah, wuah cukup banyak. Karena di kost cuman sendirian akhirnya bagi-bagi ke Ibu kost, mo ngasihin penggemar juga belum tahu alamatnya *Loyang pada berhamburan huhuhuhu. Terus dimakan sendiri juga kok kenyang banget ampek nasi yang dimasak tadi nyisa banyak. 

Untuk rasanya sendiri menurutku sudha seperti roti yang beli yang lewat di depan gang tapi kok g lembut mbussh *au ah bosone apa ya?. Mungkin karena tidak memakai pelembut seperti yang ada diresep kali ya. Next time mo nyoba ditambahin pelembut seperti yang diresepin ah.

dibungkus makin cantik, secantik yang bikin hihihihi

Hari ini bawa buat temen di kantor, semua pada komentar " ini buatanmu Cis, ya iyalah" pada g percaya dikirain beli di toko-toko hihihihi. Berarti aku wes pinter yakz...*sombongnya keluar deh.

2 komentar: