Senin, 19 Mei 2014

Opak Gambir/Gapit

Sudah niat bingit mau bikin ini kue, beli cetakan via online sudah sejak jaman baheula tapi cuman niat aja ngak action-action, gimana coba?. Pasti alasannya lagi nggak mood, males atau apalah ha ha ha *minta dikeplak :-P. Cetakan ini aku beli online karena sudah nyari-nyari di pasaran ngak nemu juga, yah mungkin rejekinya penjual online. 

Sudah browsing-browsing, nyari resep juga tapi ngak resepnya dibiarin aja mangkrak. Ditumpukin aja dibawah kolong tempat tidur berharap suatu saat bisa muncul opak didalam toples *ngimpi eh nggak ding, kalo beli mungkin iya :-D.

Udah aah, kebanyakan nyerocos, mari kita coba resep dari Femina online ini. Resep ini menurutku resep yang paling simple, no mikser, no ovalet alias zat pengembang makanan atau apalah. Cukup campur dan aduk langsung bisa dicetak. Mari dicoba sebagai salah satu alternatif jajanan lebaran....



OPAK GAMBIR/GAPIT

Bahan :

125 Gram Tepung beras
1 sdm tepung terigu
4 sdm gula pasir
1/2 sdt kayu manis bubuk
200 ml santan kental, dari 1/2 butir kelapa parut
2 butir telur ayam
2 sdm wijen putih --> aku nggak pakai
Minyak goreng untuk mengoles

Cara Membuat :
1. Campur Tepung Beras, Tepung Terigu, gula dan bubuk kayu manis serta santan.
2. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk hingga rata. Masukkan wijen, aduk rata.
3. Panaskan cetakan opak, oles dengan minyak. Tuang sedikit adonan, ratakan. Tutup cetakan, masak hingga kedua sisinya matang. Angkat, gulung selagi panas.
4. Sajikan

Tambahan :
1. Bagi yang suka manis, jumlah gula sebaiknya ditambah 1 - 1,5 sdm lagi supaya lebih manis.
2. Bagi yang suka opak dengan tekstur lebih keras, sebaiknya telurnya cukup satu saja, tapi jika menginginkan tekstur opak yang ngeprul/renyah/empuk dua butir sudah cukup. 

1 komentar:

  1. Wah, artikelnya bagus. Bermanfaat banget nih buat Aku.
    Lumaya lah nambah pengetahuan.
    Sambil baca, Aku ikut promosi ya.

    Yuk yang suka taruhan bola, gabung di 7meter.
    Layanan taruhan bola yang profesional.
    Hanya ada di Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

    BalasHapus