Minggu, 06 Februari 2011

BOLU GULA MERAH


Ini adalah bolu kukus pertama buatanku yang bisa ngakak sempurna..hia jingkrak-jingkrak sambil jogged pisang ha ha ha ndeso deh, biasanya kalo buat bolkus kalo g mekar ya bantat..hua mbikin kuciwa sajah. Tenang, jadi anda kalo masih sering gagal itu artinya perlu coba lagi…ha ha ha.

Nemu resep ini waktu browsing ke webnya Lezat http://www.lezatgrup.com – Bolu Gula Merah. Waktu nyoba dahulu kala, tepungnya terlihat putih-putih bergerindil karena g berani ngaduk lama-lama pakai mikser. Sebab setelah dituangkan minyak adonan menjadi sangat lengket/mulur sehingga sedikit susah kalo diaduk jadi perlu dimikser sebentar ajah untuk bisa nyampurin adonannya.


Kue bolu kukus gula merah ini adalah favorit di keluarga aku, bahkan hampir setiap di rumah sering buat kue ini untuk diberikan sebagai jajanan untuk diberikan ke pekerja BAPAK disawah. 

BAHAN :
500 gram tepung terigu
5 sdm gula pasir
2 butir telur ayam
500 gram gula merah
450 ml air
1 sdt soda kue
225 ml minyak goreng

CARA MEMBUAT :
1.    Gula merah dan air direbus hingga larut dan mendidih àaku tambahkan daun pandan supaya lebih harum, angkat dan saring. Dinginkan.
2.    Kocok telur bersama gula pasir ( aku gula pasirnya direbus bersama gula merah ) hingga mengembang, lalu masukkan soda kue dan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil dikocok hingga rata.
3.    Masukkan sirup gula merah sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata.
4.    Terakhir masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata.
5.    Siapkan cetakan kue bolu yang diberi alas mangkuk kertas/paper cup, lalu tuang adonan hingga penuh dan lakukan hingga adonan habis. Kukus selama 45 menit à aku biasanya 30-35 menit hingga merekah.
6.    Sajikan.

Untuk kue ini dijamin dech hasilnya ngakak, asal step by stepnya bener. Selamat mencoba yach.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar