Minggu, 06 Februari 2011

BOLU SAKURA KLASIK


Tertarik bangets lihat cover tabloid KOKI edisi 00174 April 2010, ngiler kalo lihat warna warninya kayaknya enak dan gampang bangets nih kue dibuatnya. Akhirnya, sekalian pas jalan-jalan ke Arlisah lihat cetakan kue sakura beli dech setengah lusin dan bulatkan tekad untuk bikin. Dan pilihannya jatuh pada resep Bolu Sakura klasik.

Namun sayang ketika pas lihat hasilnya masih kurang bagus dan sempurna, karena baru pertama kali ini membuat dengan gula karamel. Dulu-dulu biasanya gula dimikser sama telur sampek mengembang.ah bener-bener ndeso. Kue yang aku buat ini ternyata rasanya hampir sama dengan kue bolkus gula merah dengan tekstur agak berlobang-lobang, ini mungkin pas masukin adonannya lupa g dikethek2in tuh cetakannya makanya seperti masih ada udaranya gituh.

Untuk buat gula karamel sebaiknya nih berdasarkan pengalaman, biarkan ajah gulanya sampai lumer sendiri diatas api kecil g perlu diaduk-aduk atau dikasih air dan yang paling penting g usah terlalu panic kalo lihat ada sedikit asap dan bau gosong…itu wajar..ingat yah *ting-ting. 


BAHAN :
200 gram tepung terigu protein sedang
3 butir telur ayam
250 gram gula pasir
40 gram margarine lelehkan
100 ml air
½ sdt baking powder
1 sdm minyak sayur

CARA MEMBUAT :
1.    Ayak terigu dan baking powder, sisihkan. Masak 150 gram gula hingga menjadi karamel, tuang air perlahan sambil diaduk hingga rata dan kental. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
2.    Tuang karamel perlahan dalam margarine, aduk rata dan sisihkan.
3.    Kocok telur dan sisa gula hingga putih mengembang.
4.    Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk melipat ( dari atas ke bawah ) hingga rata.
5.    Tuang perlahan campuran mentega ke dalam adonan sambil diaduk melipat dari atas ke bawah hingga rata.
6.    Tuang adonan dalam cetakan yang telah bersemir minyak sayur hingga ¾ bagian tinggi cetakan. Kukus dalam panci pengukus selama 15 menit hingga matang. Angkat dan sajikan.

Kue ini mirip bandem maling menurutku, walaupun rasanya enak cuman penampilanny mirip spongebob alias berlobang-lobang he he he, selain itu ketika digigit kurang embus-embus gituh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar