Minggu, 06 Februari 2011

KUKIS TEROMPET ABON


Weekend, waktunya emak-emak buat prakarya sekaligus mencoba untuk memperawani hasil berburu ke Dupak tempo hari. Kukis ini termasuk kukis gurih, dipadu dengan lezatnya abon makin syukak dech pokoknya. Resepnya sendiri aku dapet dari buklet jadulnya KOKI edisi 081 tgl 11-30 Oktober 2006. Belinya ajah dah jaman baheula tapi praktekinnya baru sekarang, gpp lah tak ada kata terlambat buat belajar…kekeh…ngeles jaya deh.


Bahan :
125 gr margarine ( aku pake margarine semua jadinya 160 gr)
35 gr mentega
1 sdt kaldu bubuk
¼ sendok teh garam ( aku g pake, coz sudah cukup asin dari kaldu)
2 btr kuning telur
1 sdt putih telur
200 gr tepung terigu protein sedang
20 gr susu bubuk
15 gr keju parmesan
15 gr keju cheddar parut ( aku pake 30 gr keju cheddar karena g punya keju parmesan).
100 gr abon sapi
1 kuning telur untuk olesan, kocok

Cara Membuat :
1. Campur margarine, mentega, kaldu bubuk dan garam. Kocok hingga lembut dan tercampur rata ( aku tidak pakai mixer takut malah kuenya over mengembangnya, cumin pake sendok kayu ajah buat nguleni. Eits jangan pake tangan ya, ntar kalo kena panasnya tangan kuenya meleber jugah).
2. Tambahkan telur ke dalamnya, kocok/aduk hingga rata,
3. Masukkan terigu dan susu bubuk ke dalamnya. Aduk hingga rata dan tambahkan keju parmesan dan keju cheddar,
4. Tipiskan adonan setebal 0,3 cm, cetak dengan cetakan bentuk ½ lingkaran bergerigi ( aku tidak punya, jadinya pake yang bentuk kipas :-d, jadinya isinya cumin dikit), kemudian isi atasnya, bentuk menyerupai bunga terompet. Atur dalam Loyang bersemir margarine.
5. Oles permukaan kukis dengan kuning telur hingga rata,
6. Panggang dalam ove brsuhu 170 C hingga matang, angkat. Una panasnya oven bisa disesuaikan dengan kondisi oven masing-masing ajah.
Selamat mencoba, kalo males silahkan langsung call ajah ke akyuh ya..ditunggu loh..ingat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar