Selasa, 10 Mei 2011

Muffin Kismis Gula Merah

Muffin Kismis Gula Merah

Ada sisa gula merah mangkrak lama di toples, ampek seperti basah-basah gitu, sisa buat bolu kukus gula merah kemaren kapan hari pas untuk acara ulang tahun. Saking lamanya sempet didatangi semut-semut nakal. Sebenarnya bulan kemaren sudah mo dipakai, dah disiapin bahan tapi rasa malasnya lebih kuat akhirnya yah pergi ke kasur lagi ke kasur lagi dech..he he he.

Setelah mudik dan weekend, bingung ngapain akhirnya memompa semangat lagi untuk baking, saking semangat ampek spatulanya patah dech...*strong enough dech ceritanya. Ya maklumlah spatula murahan cuman 500 perak, belinya ajah dah luama, paling kalo duitnya diendonin juga g bakalan bertahan lama. Yah, kemaren sempet sih lihat-lihat di carrefour harga spatula, ada diskon tapi tetep ajah masih mahal 11.000 lebih, ah ntar-ntar ajah dech, kalo sudah ada pesenan lagi. Apalagi bulan ini ada 2 temen yang merried alamat buwuhnya juga double...huft *curcol lagi dah.

Sebenarnya mo nyoba resep ini sempet ragu, karena antara bahan dan cara membuatnya beda tapi gimana lagi dah kadung beli kismis masak mo buat lumpur lagi lumpur lagi...bosen tahu. Contohnya neh, di bahan disebutin mentega eh dicara pembuatan nyebutin margarine meskipun konotasinya sama tapi ini dah jadi nilai kurang untuk resep ini.

Ini juga merupakan muffin pertama yang aku buat, padahal beli cetakannya ajah dah jaman jepun..ha ha ha lebaylebay. Penasaran banget bikin muffin, secara kue ini tidak perlu mikser bisa langsung cemplang cemplung ajah. Jadi bagi anda yang beralasan tak bisa buat kue karena tidak ada mikser itu bul;shit dech, neh nyatanya ada kue tanpa mikser :-p.

Bahan :
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder
100 mentega tawar, lelehkan --> aku pakai margarine
1/2 sdt garam
100 gram gula merah
25 gram gula pasir --> tidak pakai, karena susunya kental manis
100 ml susu cair --> pakai susu kental manis sachet dan ditambah air supaya jadi 100 ml
2 butir kuning telur
100 gram kismis --> secukupnya saja tidak suka sama rasa manis dan asamnya

Cara Membuat :
1. Campur terigu dan baking powder, ayak. sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir dan gula merah dengan ballon wishk hingga larut
3. Tambahkan susu cair dan mentega sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata
4. Masukkan campuran terigu dan garam serta kismis, aduk rata.
5. Masukkan adonan dalam cup kertas. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat celcius hingga matang selama 20 menit. Angkat dan sajikan.

Hmmmm..bau harumnya kue ini ketika diangkat dari oven sungguh menggugah selera, wangi gula merah berpadu dengan telur menciptakan sensasi aroma yang sunggu menggoda, tertarik? silahkan coba resepnya dirumah ya. Males? call me please akan secepatnya aku buatkan, ok? monggo-monggo diorder yach.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar