Minggu, 15 Januari 2012

Bolu Kukus Polkadot

Hmm akhir-akhir ini cuaca mendung tidak hanya di Surabaya kurasa, seperti hari ini. Pagi-pagi sudah cukup mendukung, suatu momen yang cukup enak untuk alasan tidur setelah sholat shubuh hingga matahari muncul :-p *alasan klasik. Kemaren sempat belanja untuk membuat roti sobek, sudah belanja beberapa bahan tapi nyampek rumah lihat stok terigu kok jadi g PD, karena ternyata dirumah banyak terigu terus bingung ini terigu apa saja yach? *hallah adminsitrasi yang buruk :-d. Tapi show must go on, meski bingung tapi acara baking kudu tetep jalan. Akhirnya, setelah menimbang-nimbang maka diputuskanlah untuk membuat kue Bolu Kukus Polkadot yang ada di majalah Lezat edisi 185 tanggal 25 Mei 2011. Karena instingnya mengatakan kalo stok tepung terigu yang ada adalah jenis tepung terigu segitiga :-p. Mari silahkan diintip resepnya.

Bolu Kukus Polkadot

BAHAN :

Bahan A :
3 Butir telur ayam
220 gram gula pasir   aku hanya 200 gram, karena susunya sudah manis
1 sdt emulsifier

Bahan B :
250 gram tepung terigu segitiga
25 gram susu bubuk  aku hanya pake 1 sdm susu, g ada stok :-p
2 sdt baking powder

Bahan C
150 ml susu cair  aku pake susu fermentasi, salah beli ceritanya :-p
1 sdt essense lemon  aku g pake, g ada stok aku pake vanilla bubuk
Pasta cokelat ½ sdt

CARA MEMBUAT :

1.    Kocok bahan A hingga kental.
2.    Masukkan bahan B sambil diayak, aduk rata. Tambahkan bahan C, aduk rata.
3.    Ambil 4 sdm adonan, beri masing-masing @ 2 sdm dengan pasta cokelat, masukkan ke dalam kantung semprot/piping bag.
4.    Tuang adonan putih ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah diberi cupcase hingga agak penuh, beri motif polkadot dengan adonan cokelat tadi.
5.    Kukus selama 15 menit hingga matang, angkat. Dan sajikan.

polkadot dot dot

Tadi pagi dibawa ke kantor banyak yang komentar, kenapa kok tidak mekar ya bolunya? hihihi emang sengaja tidak dimekarkan kok :-p.

4 komentar:

  1. hay hay mba... Slm kenal...
    Dulu aku prnh bikin bolkus, d resep'y c mekar, tp aku malahan jadinya ky ngembang dan atasnya persis ky bolu mba di atas, kaya bulan gitu...
    Ini bukan bolkus gagal kan mba?
    Hehehehe... Soal'y aku ini penderita kutukan bolkus mba...

    BalasHapus
  2. salam kenal kembali Mbak...bukan mbak bolu kukus polkadot ini kalo di Malaysia sana disebut juga apam dot-dot, memang tidak mekar kalo mekar malah gagal he he he, jadi kebalikannya bolkus yang mekar itu. Untuk motifnya bisa dikreasi macam2 sesuai selera mbak.. itu motif yang paling mudah.
    Untuk bolkus aku juga beberapa kali nyoba tapi juga sering tidak sukses, kalo mo nyoba yang pasti mekar, coba dech bolu kukus gula merah.....pasti jadi ngakak deh kuenya, ntar kabari kalo sukses ya ....

    BalasHapus
  3. Hluuuu...mbak ijin nyontek resepnya yaaaa....hehehe..pemula bgt ya..mau nyoba bikin.
    tingkiyu suwun sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Mbak Aviani, silahkan dicoba semoga berhasil ya....

      Hapus