Minggu, 05 Mei 2013

Blueberry Streussel Bread

Akhirnya bisa ngebread lagi, setelah ditunda dan ditunda dengan alasan klasik yaitu malas huft *mintadijitak.Sudah beberapa kali juga ngeprint resepnya tapi selalu berakhir entah dimana *lupa. 

Akhirnya kemaren bener-bener diniatin deh, baca review dan temen yang sudah nyoba katanya roti ini enak dan lembut tanpa tambahan bahan pelembut roti hingga 3 hari wow, layak dicoba, dan ternyata bener sodara, rotinya awet empuknya hingga hari ini, aku buatnya hari Sabtu pagi. Dengan disertai insiden gas bocor *huft lagi, karena aku ganti regulator kedua dengan regulator pertama. Kenapa? karena regulator kedua yang merk dengan bintang iklan Andre Taulani setelah dipasang api yang keluar seuprit banget, masak air aja hingga 15 menit belum mendidih, sedangkan kalo pake regulator pertama baru 5 menit sudah mendidih hiyaaa capek deh. Kalo pas bocor gini jadi was-was aja kalo mo baking atau main masak-masak-an, bayangannya sudah yang ngeri-ngeri aja dech *semoga selalu aman ya Alloh, aamiin. 

Gas bocor ini ada di batch oven yang ketiga, karena bocor sementara rotinya belum matang terpaksa rotinya ngantri di dalam oven dan jadilah rotinya matang dengan agak keras :-D, butuh waktu yang cukup lumayan lama untuk benerin si gas ampek seperti mandi keringat mana g ada yang mbantuin *ya Tuhan kirim donk temen yang bisa mbenerin si gas, berdoa dengan khusyuk. Ah, akhirnya selesai juga dech setelah hampir 15 menit berjuang cabut-pasang si regulator. 

Resep ini aku contek masih dari blognya mbak Hesti, yang resepnya sering berhasilnya aku juga jadi langganan dech. Berikut resepnya jika ada yang minat :




Blueberry Streussel Bread

Water Roux : 
50 gram tepung protein tinggi 
250 ml air

Bahan Roti :
400 gram tepung protein tinggi/cakra
200 gram tepung protein sedang/segitiga
10 gram ragi instan ---> aku pakai 1 sachet fermipan
120 gram gula pasir
2 sdm susu bubuk fullcream
1 butir telur + 1 kuning telur
200 gram water roux --> aku pakai satu resep water roux diatas semuanya
170-200 ml air hangat ---> aku cuman pakai 120 ml air karena adonan sudah kalis
80 gram margarin
1 sdt garam ---> aku g pakai, takut raginya mati :-D

Bahan Pelengkap :
Selai blueberry
 

Bahan Streussel :
35 gram gula halus
50 gram margarin
75 gram terigu protein rendah
10 gram susu bubuk fullcream

Cara Membuat :
1. Water roux : dalam panci campur air dan tepung terigu, aduk hingga menyatu dan tidak bergerindil. masak diatas api sedang sampai kental. Apabila diaduk dengan sendok kayu ada jejak sendok didasar panci. Jaga jangan sampai mendidih. Sisihkan dan dinginkan.
2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam, masukkan water roux, air dan telur ke dalamnya. Uleni hingga kalis. Kemudian tambahkan margarine dan garam uleni sampai elastis. Hati-hati saat menuangkan air sesuaikan dengan kondisi tepung, jika terlalu kering bisa ditambahkan air atau bisa ditambahkan tepung jika terlalu basah.
3. Tutup dengan cling wrap atau serbet basah dan fermentasikan sampai 2 kali lipat.
4. Ambil 60 gram adonan kemudian giling memanjang dan bagi tiga tanpa putus ujung atasnya. Kepang lalu rapatkan ujungnya. Taruh dalam wadah kertas dan letakkan diloyang. Setelah mengembang olesi telur, taburi streussel dan selai blueberry. 
5. Fermentasikan kurang lebih 45 menit tergantung cuaca, panggang selama 15 menit atau atasnya sampai kuning keemasan. Jangan lupa ovennya dipanaskan dulu ya dengan api 200 derajat celcius.




Kemaren pas buat selain ada insiden gasnya bocor juga roti yang bacth keduanya gosong huaaaaa *nangis, jadi 4 piece roti gosong dengan suksesnya, Kenapa bisa gosong ya karena akunya keasyikan main semprot2 selai blueberry, lupa kalo rotinya cukup sebentar manggang, berikut penampakannya. Jadi, kalo mau hasil rotinya matang dengan bagus harus sering-sering dilihat ya supaya aman dari kegosongan.

Lihat rotinya yang sebelah sana gosong hikz

Selain dibuat Blueberry streussel Bread, adonannya ada yang aku isi sama enten kelapa sisa dari buat botok rempala ati ayam kemaren, daripada mubazir gitu, kelapanya aku tambahin air, gula dan pasta pandan. Jadinya enak gurih legit gitu dech. Tapi sayang g ke photo gara-gara illfill ada tikus mati didekat spot motonya.

 
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar