Rabu, 01 Mei 2013

Pastel Mini Isi Abon/Pastel Kering

Cemilan favorit nih *ah kamu Cis semua kamu favoritin :-D,habis enak sih. Kemaren, browsing-browsing resep untuk persiapan biasalah untuk mengurangi resiko kegagalan. Lihat di majalah kok ada baking powder jadi agak kurang sreg, terus blogwalking nemu di blognya Mbak Hesti lagi *tfs ya Mbak Hesti. 

Pengalaman kedua setelah membuat pastel basah terdahulu, kali ini tantangannya sungguh lebih berat apalagi tidak punya gilingan mie *mungkin ada donatur mo nyumbang? hiyaa. Kalo adonan untuk pastel kering ini lebih ngaret *hmmm apa ya bahasanya? lebih lentur kalii ya.., habis ditipisin pake botol eh mbalik lagi menciut *hadew, pengen tak buang aja tapi sayang huft. Aku buat satu resep ini aja butuh waktu untuk membentuk dan mencetaknya hampir 3 jam *pfiiuuuh. Pastel ini semua serba ekonomis, kenapa? karena nyetakin bulatannya hanya pake tutup botol minuman mi**ne. Terus nipisin adonanannya pake botol pake bekas sirup mar**n, coba nggak ekonomis gimana?. Semakin tipis maka hasilnya maka semakin kriuk hasilnya. 

Gimana proses milinnya? jangan ditanya karena saya ini kurang bagus dibidang seni dan pengen yang praktis dan mudah, akhirnya pilinnya saya ganti sama motif garpu hihihi. Jadi, pas adonannya sudah diisi dan dilipat dua, langsung deh si garpu beraksi, tetep manis dan cantik juga kan ya? huuuhh narsis.

Kalo membuat pastel ini dengan teknik ekonomis pasti dijamin bakal gempal deh lengan, karena adonannya suka ngelawan kalo ditipisin. Tapi soal rasa akan sebanding dengan kekuatan super yang sudah dikeluarkan. Rasanya renyah dan empuk, meski yang makan nenek-nenek masih bisalah, dan dipadu dengan abonnya makin yahud aja rasanya. Yuk mari intip resepnya dibawah ini.

Pastel Mini Isi Abon / Pastel Kering

Pastel Mini Isi Abon

Bahan :

250 gram tepung terigu protein rendah 
1 butir telur
50 gram margarin, cairkan hingga mendidih
75 ml air (kurang lebih), aku mungkin cuman pakai 50 ml aja sudah cukup kalis adonannya
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng
penyedap rasa jika suka

Isi :

100 gram abon

Cara Membuat :
1. Campur terigu, garam, penyedap, aduk rata. Masukkan telur dan aduk asal rata.
2. Tuang margarin panas aduk menggunakan sendok, Adonan tidak licin tidak apa-apa.
3. Masukkan air sedikit-sedikit lalu aduk adonan hingga membentuk gumpalan. Tidak perlu kalis dan licin *karena aku pake botol, aku aduk sampai kalis dan licin.
4. Giling dengan gilingan mie hingga tipis, kalau lengket taburi tepung sedikit. Aku tipisin pakai botol dengan dialasi plastik bening.
5. Kalau sudah tipis, cetak bentuk lingkaran dengan cookie cutter/tutup botol mi**ne.
6.Isi abon, lipat dua lalu pilin seperti pastel, letakkan dalam loyang bertabur tepung supaya tidak lengket *aku langsung taruh aja tanpa ditabur terigu g lengket kok. Lakukan hingga adonan habis.
7. Goreng dalam minyak panas sedang sampai kering dan busanya tidak ada lagi, angkat dan tiriskan.
8. Setelah dingin simpan dalam wadah kedap udara.


 Selamat menikmati ....... salam kriuk-kriuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar