Kamis, 23 Mei 2013

Coffee Bun / Roti Boy / Homemade Mexican Buns

Kemaren pas nganter Bapak pulang ke Terminal Bungurasih lihat ada stan roti Boy, ngintip harganya 1 buah Rp. 8.000,-. Ih dalam hati "mahal amir nih roti y...?" biasalah, naluri ke"emak"annya muncul :-D. Coba aku bisa bikin sendiri, pasti g nyampek 50.000 sudah dapat satu keranjang dan hampir satu kampung kebagian degh *maklum kampungnya, penghuninya cuman satu keluarga, yaitu keluarga aku sendiri wekekeke.

Hmmm, ternyata mudah kok mbikin roti Boy-nya ini, cuman kemaren sayang rasa kopinya kurang nendang rasanya *mungkin perlu tendangan tenaga dalam biar terasa ya hihihi.Terus, nyemprotin adonannya juga masih kurang rapi, memang practice make perfect gitu dech kata pepatah. Sayangnya, kemaren si toppingnya setelah dingin jadi agak lembek apa aku kurang lama ya manggangnya. Tapi kalo kelamaan manggangnya jadi gosong adonan rotinya huuh. Apa ada yang punya pengalaman serupa denganku ...? please tinggalin commentnya disini ya.... ;-).

Adonan rotinya aku masih pake resep water roux seperti resep-resep terdahulu karena empuk hingga hari berikutnya. Jadi silahkan lihat di link itu ya untuk resep adonan dasar rotinya. Sedangkan untuk topping aku nyontek di blognya Mbak Ricke. Atau juga bisa ngintip di blog ini ya, bagus-bagus kok.  





Coffee Bun / Homemade Mexican Buns

Water Roux : 
50 gram tepung protein tinggi 
250 ml air

Bahan Roti :
400 gram tepung protein tinggi/cakra --> aku sekitar 450 gram, biar g nyisa aja.
200 gram tepung protein sedang/segitiga
10 gram ragi instan ---> aku pakai 1 sachet fermipan sekitar 11 gram
120 gram gula pasir
2 sdm susu bubuk fullcream
1 butir telur + 1 kuning telur
200 gram water roux --> aku pakai satu resep water roux diatas semuanya
170-200 ml air hangat ---> aku cuman pakai 120 ml air karena adonan sudah kalis
80 gram margarin
1 sdt garam ---> aku g pakai, takut raginya mati :-D

Isi :
1 pack keju 

Topping :

50 gram mentega (unsalted butter)
50 gram gula halus
1 butir telur
60 gram terigu protein rendah
15 gram susu bubuk
1 sdt kopi instant hitam, larutkan dengan 1 sdm air panas, dinginkan
1/2 sdt pasta coffee moca

Cara Membuat :
1. Water roux : dalam panci campur air dan tepung terigu, aduk hingga menyatu dan tidak bergerindil. masak diatas api sedang sampai kental. Apabila diaduk dengan sendok kayu ada jejak sendok didasar panci. Jaga jangan sampai mendidih. Sisihkan dan dinginkan.
2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam, masukkan water roux, air dan telur ke dalamnya. Uleni hingga kalis. Kemudian tambahkan margarine dan garam uleni sampai elastis. Hati-hati saat menuangkan air sesuaikan dengan kondisi tepung, jika terlalu kering bisa ditambahkan air atau bisa ditambahkan tepung jika terlalu basah.
3. Tutup dengan cling wrap atau serbet basah dan fermentasikan sampai 2 kali lipat.
4. Kempiskan adonan, tiimbang masing-masing 40-50 gram, bentuk bulat. 
5. Sambil menunggu proses proofing. Buat adonan topping. Kocok mentega dan gula halus hingga benar2 lembut. Masukkan telur, kocok rata. Masukkan terigu dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan air kopi dan pasta coffee moca. Aduk rata. Masukkan ke dalam kantong segitiga/piping bag. Simpan dalam kulkas hingga akan dipakai.
6. Panaskan oven 200'C (oven sudah dalam keadaan panas ketika adonan roti masuk).
7. Setelah proofing 2, semprotkan topping melingkar sampai 3/4 permukaan adonan. Panggang dalam oven 200'C selama 12 menit hingga permukaan topping mengering. Angkat. Sajikan hangat lebih nikmat.
8. Jika ada sisa, simpan roti dalam wadah tertutup (roti sudah dingin). Jika akan dinikmati, bisa dihangatkan kembali dalam oven selama 2-3 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar