Senin, 13 Mei 2013

Caterpillar Bread & Coklat

Lagi seneng ngebread nih, padahal baru minggu kemaren membuat Blueberry Streussel Bread, minggu ini membuat Caterpillar Bread. Ini edisi rajin sekalian ngelanyahkan tangan biar makin lemas dan terampil he he he.

Caterpillar Bread atau roti Ulat bulu ini aku lihat di blognya mbak Ricke, disana lengkap ada step by step cara membentuk adonan menjadi caterpillar, aku sendiri g mungkin membuat step by step karena tangannya dua sudah belepotan sama adonan roti. 

Pada pembuatan roti kali ini, kenapa ya adonannya terlalu lembek, padahal secara pembuatan tepungnya kali ini lebih banyak 50 gram, akhirnya agak sulit pas ngebentuknya. Sudah ditambahin sama tepung terigu lagi tapi g berani banyak, soalnya g tahu jenis tepung terigu, kemaren belinya asal saja. 

Beli sosisnya pas ada diskon kapan hari itu di Carrefour, tapi expirednya sudah mendekati jadi kudu cepat-cepat diberdayakan. Cari waktu yang tepat akhirnya, pas Kamis long weekend kemaren aku berdayakan tuh sosis. 

Satu resep aku bikin 2 jenis roti karena sosisnya yang cuman isi 12 biji, makanya nyisa adonan banyak sekali, akhirnya aku buat menjadi roti isi coklat seperti di blognya Mbak Hesti. Untung sebelum eksekusi sudah cari referensi, jadi g pusing lagi gimana bentuk dan cara ngisinya.Yang roti isi coklat aku isi sama meises yang kapan hari aku beli, niatnya sih mo dipake untuk brownies kukus ketan hitam, tapi ternyata aku kasih serutan coklat aja sudah oke, nah akhirnya si meises masih mangkrak belum diberdayakan.


Caterpillar Bread



Roti Coklat


Berikut Resep CaterPillar Bread & Coklat


Water Roux : 
50 gram tepung protein tinggi 
250 ml air

Bahan Roti :
400 gram tepung protein tinggi/cakra --> aku sekitar 450 gram, biar g nyisa aja.
200 gram tepung protein sedang/segitiga
10 gram ragi instan ---> aku pakai 1 sachet fermipan sekitar 11 gram
120 gram gula pasir
2 sdm susu bubuk fullcream
1 butir telur + 1 kuning telur
200 gram water roux --> aku pakai satu resep water roux diatas semuanya
170-200 ml air hangat ---> aku cuman pakai 120 ml air karena adonan sudah kalis
80 gram margarin
1 sdt garam ---> aku g pakai, takut raginya mati :-D

Bahan Pelengkap/Topping :
Caterpillar Bread : 
Sosis, 
saos sambal/tomat, 
keju mozarella --> aku pakai keju cheddar, 
Oregano bubuk --> aku skip, 
daun bawang yang diiris halus --> aku skip
Mayonaise --> aku skip

Roti Cokelat :
Meises secukupnya

Bahan Streussel :
35 gram gula halus
50 gram margarin
75 gram terigu protein rendah
10 gram susu bubuk fullcream

Cara Membuat :
1. Water roux : dalam panci campur air dan tepung terigu, aduk hingga menyatu dan tidak bergerindil. masak diatas api sedang sampai kental. Apabila diaduk dengan sendok kayu ada jejak sendok didasar panci. Jaga jangan sampai mendidih. Sisihkan dan dinginkan.
2. Roti : tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam, masukkan water roux, air dan telur ke dalamnya. Uleni hingga kalis. Kemudian tambahkan margarine dan garam uleni sampai elastis. Hati-hati saat menuangkan air sesuaikan dengan kondisi tepung, jika terlalu kering bisa ditambahkan air atau bisa ditambahkan tepung jika terlalu basah.
3. Tutup dengan cling wrap atau serbet basah dan fermentasikan sampai 2 kali lipat.
4. Ambil 60 gram adonan kemudian giling memanjang dan bagi tiga tanpa putus ujung atasnya. Kepang lalu rapatkan ujungnya. Taruh dalam wadah kertas dan letakkan diloyang. Setelah mengembang olesi telur, taburi streussel dan selai blueberry. 
5. Fermentasikan kurang lebih 45 menit tergantung cuaca, panggang selama 15 menit atau atasnya sampai kuning keemasan. Jangan lupa ovennya dipanaskan dulu ya dengan api 200 derajat celcius.

Caterpillar sesaat setelah dikeluarkan dari oven

Roti Cokelat Streussel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar