Senin, 18 November 2013

Ayam Bumbu Rujak

Ish gayanya anak kost lagi habis dapat jatah raskin bisa makan pake ayam ya ? huahahaha, enggak sih memang kurang suka saja sama ayam broiler *mo hidup sehat, ngeles :-P.

Iya kemaren lagi pengen makan ayam makanya nyari inspirasi buat masak ayam apa ya?, tapi sayang photonya waktu ayamnya sudah habis :-D. Yach daripada blog aku g ada isinya *jurus jitu untuk ngeles, nyengir kuda.

Kali ini ayamnya aku bumbuin agak spesial tapi g pake telur :-P. Aku ngintip di buklet Saji 283 2013. Berikut kalo mau nyobain resepnya. Karena aku hanya single fighter makanya hanya masak 250 gram ayam itupun kulit sama lemak yang nempel aku buang.

ayamnya nyempil karena ya hanya tinggal sepotong itu 

Ayam Bumbu Rujak

Bahan :

1 ekor ayam dipotong 10 bagian
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya, disobek-sobek
1 batang serai, ambil putihnya memarkan
2 sdt garam
1 sdt gula merah
400 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut, aku g pakai 
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

1 sm kunyit, bakar
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri, disangrai > aku tidak disangrai malas
1 cm jahe
3 buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting

Cara Membuat :

1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk rata.
2. Masukkan santan, garam dan gula merah. Masak sampai meresap.
3. Bakar di atas bara api sambil dioles sisa bumbu sampai kecokelatan. Aku tidak dibakar aja sudah enak :-D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar