Minggu, 17 November 2013

Bacem Tahu dan Tempe

Hello ... jumpa lagi, setelah sekian lama saya bertapa supaya hujan cepatlah turun *alesan :-P. Hiya saya memang hibernasi selama beberapa bulan, banyak alasan sih, salah beberapa diantaranya adalah sibuk mengurus keberangkatan Bapak ke tanah suci. Alahmdulilah sudah balik lagi dengan selamat dan semoga menjadi haji mabrur aamiin. Salah duanya, lagi males photo-photo, apalagi di kos lagi banyak penghuninya jadi rame dan spot motret saya sekarang jadi tempat mangkal anak-anak. 

Sebenarnya saya masih aktif masak maupun nyobain menu baru, kemaren sempat nyoba bikin risoles ragout waktu acara yasinan tapi g sempat untuk diphoto sudah tepar karena bertepatan dengan puasa hari " Tarwiyah "- tanggal 8 Dzulhijjah, gimana enggak tepar, sehari disuruh mbikin 3 jenis penganan sekaligus yaitu : kue lumpur kentang, risoles ragout dan pisang goreng pasir, meski yang ngoreng pisangnya dibantu Ibu tapi rasanya lemas banget didukung cuaca yang cukup panas.

Nah, kemaren lagi agak semangat *catet agak ya. Aku mulai mendokumentasikan lagi hasil uji resepku di blog ini, ini salah satunya yaitu Bacem Tahu dan Tempe, biasalah menu murah meriah yang cucok buat anak kost seperti daku :-D. Resepnya ambil dari blog mbak Nina.

Kalau ditanya soal rasa, hmmm rasanya maknyuss. Aku saja nggak percaya kalo aku bisa membuat bacem yang mirip banget sama yang dijual lebih enak ini malahan *ngecap ha ha ha.


Tampilan Bacem setelah digoreng

Bacem Tahu dan Tempe 

Bahan :

4 buah/papan tempe aku bagi 4
2 buah tahu ukuran besar, sebaiknya dikukus dulu atau cari tahu yang g hancur saat direbus. karena kemaren tahunya hancur saat aku rebus dengan bumbu jadi mirip bubur hiks.
2 lembar daun salam
1 ruas jari lengkuas memarkan
1 biji asam jawa
850 ml air kelapa (kemaren beli 1000 rupiah di pasar)
100-200 gram gula merah sisir, sesuaikan dengan selera. Aku kemaren pakai sekitar 100 gram aja, karena merasa sudah manis *lempar ulekan.
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bumbu Halus :

5 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai


Cara Membuat :
1. Taruh bumbu halus diwajan/panci, masukkan air kelapa, lengkuas, daun salam, gula pasir, garam, gula merah, tempe dan tahu
2. Didihkan diatas kompor dengan api sedang
3. Kecilkan api, tutup wajan/panci. Masak hingga air kelapa menyusut jangan lupa sekali-kali ditengok dan diaduk supaya tidak lengket dan hangus didasar panci/wajannya.
4. Angkat, sajikan dengan digoreng atau dibakar terlebih dahulu.

Tips :
1. Warna dari bacem tergantung dari gula merah yang dipakai, semakin pekat warna dan banyak gulanya semakin pekat juga hasil bacemnya
2. Pilih tahu yang kenyal dan tidak hancur saat direbus, atau kukus dahulu
3. Pilih tempe dan tahu yang rasanya tidak asam/kecut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar