Minggu, 19 Januari 2014

Pisang Bolen Keju



Punya stok keju di kulkas, beli dari jaman kapan itu pas ada diskon-an *jiyah emak-emak pemburu diskon. Bingung mo dibuat apaan, kalo buat isian roti, di rumah banyak yang nggak suka keju *galau. Karena masih galau, akhirnya masih dibiarin ngendon, sampai akhirnya ketemu resepnya mbak Vivi Pisang Bolen Keju. Tertark, karena ada unsur keju dan bolen pisang aku belum pernah nyoba. Kemaren, mau nyoba tapi masih maju mundur karena kebanyakan pisang bolennya pakai korsvet *mahal uey korsvetnya. Jadi rencananya masih dipending dulu, padahal sudah ngeprint nih reesp bolak dan balik *adat lama.

Dan akhirnya, setelah kemaren di pasar lihat ada pisang kepok belilah aku satu sisir, tapi duh mahal amat di Surabaya, satu sisir isi 16an buah harganya 12 ribu *agak nyesel. Tapi ya sudahlah namanya juga lagi butuh. Kemaren aku belinya pisang kepok seharusnya sih pakai pisang raja, supaya lebih maknyus gitu. Namanya juga percobaan pertama selalu belum sempurna *ngeles. 

Pisang bolen ini ketika baru keluar dari oven, hemmm bau harum dan hangat-hangat kejunya kriuk-kriuk, membumbung kayak pisang bolen dari Bandung *kali, soalnya belum pernah nyoba dan ke Bandung juga uey. Ketika menguleni menggilas adonan ini ikuti sesuai resep jangan seperti aku yang maunya praktis dan cepet, dimana hasil jadi kurang bagus, kurang berlapis-lapis. 





Pisang Bolen Keju

Bahan-bahan 

Bahan A:
100 gram tepung terigu protein tinggi
1 sdm minyak goreng
75 gram margarin

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein tinggi
30 gram gula tepung
80 ml air --> aku hanya pakai separuhnya aja adonan sudah bisa dipulung, sesuaikan.
75 gram margarin

1/2 resep Bahan Dasar Olesan 

Bahan Dasar Olesan ( Aduk Rata ):
2 kuning telur
1 sdm air
1 sdt madu ( aku g pakai )

Bahan Isi :
8 buah pisang raja/kepok, aku rebus
Keju Cheddar secukupnya, diparut.

Cara Membuat :
1. Aduk rata bahan A, bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
2. Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit. 
3. Bagi adonan A menjadi 15 bagian bulatkan. Bagi adonan B menjadi 15 bagian, bulatkan.
4. Giling adonan B memanjang. Letakkan adonan A di atas adonan B. Lipat seperti amplop.
5. Giling tipis adonan memanjang, gulung kemudian tipiskan lagi Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit.
6. Giling adonan molen melebar. Letakkan pisang ditengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Oles dengan bahan olesan, taburi dengan keju parut.
7. Letakkan diloyang yang sudah dioles margarin. Oven 25 menit dengan suhu 180 derajat celcius. Keluarkan dari oven.
8. Oles lagi dengan bahan olesan dan oven lagi 5 menit.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar