Senin, 10 Oktober 2011

Blueberry Crumble Cake

Ada sisa putih telur 4 biji kemaren, sisa membuat cookies coklat garut Sabtu kemaren. Ngendon di kulkas hampir 3 hari, itupun nitip di kulkasnya Ibu kost hikz. Niatnya hari Ahad mo diberdayakan buat sesuatu tetapi malasnya lebih kuat daripada niatnya *sisi buruk Buncis hihi. 
Sudah bolak-balik koleksi majalah namun belum nemu juga resep yang sesuai karena kebanyakan menyebutkan banyak putih telur diresepnya padahal stok putih telur hanya sak uprit. 
Akhirnya, Senin di kantor kebetulan kerjaan di kantor g seberapa banyak hanya buatin invoice buat P Endut untuk dibawa ke Jakarta. Setelah browsing-browsing ke beberapa site nemu resep-resep dari putel tapi kok ya biasa aja. Palingan dibuat bolu kukus, cake kukus atau sejenisnya ajah, bosen ah. 
Kebetulan nemu gambar yang asyik kayaknya, rasa-rasa blueberry gituh cakenya terus ada crumble-crumblenya juga secara  juga belum pernah buat kue jenis ini. Maka setelah dipertimbangkan secara matang dan melihat bahan-bahan yang ada aku putusin untuk pake resep dari mbak Riana Ambarsari ini. Secara semua bahan ada di kost, meskipun ukurannya ga tepat sesuai resep tapi adalah yang penting *kreatif buat ngurangin bahan ha ha ha. 
Hmmm...tapi diinget-inget kok stok terigunya tinggal dikit ya apalagi yang serbaguna. Karena terakhir beli tepung terigu sebelum lebaran kemaren. Nanya-nanya temen yang jual tepung terigu apakah kalo pulang kantor sudah buka tapi katanya g buka, bukanya habis magrib huft. Si temen nawarin untuk makai tepungnya ajah kebetulan baru beli ntar pulang kantor ambil di tempatnya. Okelah daripada ntar kudu bolak balik keluar lagi males, biasalah males ganti baju lagi kalo kadung di rumah :-d.
Blueberry Crumble Cake
Berikut resepnya : 

Crumble:
200 gram tepung terigu protein sedang
150 gram mentega ---> aku pakai margarin blue band, mahal kalo pake mentega hihihi
50 gram gula halus (original recipe: 100 gram)
25 gram kelapa parut kering ---> aku g pakai, g punya and males belinya.
25 gram susu bubuk ---> pakai ilmu kira-kira aja kemaren, sisa susu bubuk dancow ditambahin asal nyemplung gitu he he he

Cake:
150 gram putih telur ---> kemaren lupa g ditimbang asal masuk ajah 4 putih telur
50 s/d 100 gram gula pasir, tergantung selera or manisnya selai (original recipe: 200 gram) ---> aku pakai sekitar 85 gram gula pasir berasa kurang manis, tapi lihat orangnya sudah manis kok hhhuhuh.
100 gram tepung terigu
50 gram mentega, cairkan ---> aku pakai margarine
100 gram selai blueberry (I used Blueberry Paletta) ---> aku hanya pakai 80 gram, itupun sisa buat kue kering lebaran kemaren.
50 ml air

Garnish:
Blueberry Paletta kasar (buahnya masih utuh berbutir-butir)

Cara Membuat :
  1. Siapkan loyang bulat 18-20 cm. Olesi mentega, alasi kertas, olesi mentega lagi. lebih baik lagi jika memakai loyang bongkar pasang. Tapi loyang biasa juga bisa kok.
  2. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
  3. Crumble:
    Campur dan aduk rata semua bahan dengan jari-jari tangan hingga berbutir-butir (rubbing, jangan diremas). Sisihkan.
  4. Campur selai blueberry dan air, aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur hingga berbusa. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit hingga dikocok hingga kaku.
  6. Ayakkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan mentega cair, aduk rata.
  7. Tambahkan selai blueberry, aduk rata.
  8. Tuangkan adonan blueberry dan crumble secara berselang-seling ke dalam loyang. Panggang selama kurang lebih 25-35 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk. Makin tinggi adonan, makin lama matangnya.
  9. Keluarkan dari oven, dinginkan di atas rak. Keluarkan dari loyang, potong-potong, garnish dengan Blueberry Paletta yang masih utuh buahnya.


Hmmm, aku ngovennya sekitar 40 menit dengan api sedang dan bagian bawahnya menjadi terlalu kering dan cokelat gelap :-d. Pas ngovennya aku bolak-balik ngintipin ovennya takut gosong. Secara ini baru pertama kali aku membuat kue dengan ada crumble-crumblenya. 
Pas lihat atas kuenya agak cokelat-cokelat, aku penasaran pengen ngicipin. Dan, pas mateng sebelum mandi malam *eh malem2 mandi, habis cuaca Surabaya makin hot ajah huft keringat bercucuran mirip habis nayngkul ajah. Aku nyicip sedikit crumblenya hmmm so crunchy dan nyummy mirip kukis/cookies dan susunya terasa bangets. Dan pas pagi harinya dicoba lagi agak eneg dan gampang kenyang secara bahan utama adalah tepung. Warnanya juga kurang unyu karena mungkin selai blueberrynya kurang banyak ya. Tapi overall kuenya enyak untuk ukuran aku :-d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar