Minggu, 23 Oktober 2011

Oblok-Oblok Daun Labu

 Jumat is shopping day hihihi, inilah enaknya kerja di tempat kerja saya yang sekarang. Setiap Jumat jam istirahat saya bisa shopping selama 1,5 jam, kemana lagi tujuannya kalo enggak ke C4. Niat awalnya sih berburu minyak, mo jadi juragan minyaklah pastinya huehuehehe.

Daun Labu
Eh, setelah keliling dapat minyak, lihat-lihat di bagian sayuran lihat ada daun labu, beli aahh. Kemaren lalu pernah beli neh daun labu tapi akhirnya membusuk dengan suksesnya di kulkasnya si Bos Papi karena kelamaan ditinggalin mudik. Seumur-umur seh belum pernah makan daun labu jadi penasaran bangets.

Sempat telpon orang tua dan bilang kalo lagi masak daun labu eh malah ditertawain sama mereka. Daun labu aja kok pake beli, di desa tinggal metik ajah. Lah di kota macam Surabaya mo metik di kebun sapa Bapak, kalo g metikin di pasar...he he he.
Ngombok-ngombok koleksi majalah kuliner, akhirnya nemu resep di Saji edisi 220 tahun VIII 2011 yaitu Oblok-Oblok Daun Labu tapi ini versi saya, karena ngak ngeplek/persis sama dengan resep hanya bumbunya ajah yang sama :-d maklumlah disesuaikan dengan kondisi lidah saya :-d.

Berikut resepnya silahkan kalo berminat, mungkin bisa jadi referensi buat yang mau nyobain rasanya di daun labu *nyang kasar-kasar gimana githu hihihi.

Oblok-Oblok Daun Labu +- 6 Porsi

Bahan :
2 ikat ( 250 gram ) daun labu, dipetiki
50 gam ikan asin jambal, diseduh, dimemarkan, digoreng, disuwir-suwir ---> Buncis pake ikan pindang satu besek isi 3 biji, digoreng
75 gram kelapa parut kasar ---> aku beli kelapa seribu di pasar diambil santannya dengan 1.000 ml air
1 buah tomat merah dipotong-potong
4 siung bawah putih, diiris tipis ---> aku diulek
7 butir bawah merah, diiris tipis ---> aku diulek
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas dimemarkan
2 buah cabai merah diiris ---> aku sebagian diulek untuk memberi warna
2 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 blok kaldu ayam ---> aku tidak pakai
1.5000 ml air ---> aku pakai 1.000 ml
minyak untuk menumis

Cara Membuat : 

Oblok sayur daun labu
1. Didihkan air/santan. Masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam dan lengkuas. Biarkan sampai harum. versinya aku : bawang merah dan putih serta cabe merah diulek, cabe merah lalu ditumis hingga harum bersama salam dan lengkuas.
2.  Masukkan tomat kelapa parut, tomat, dan cabai merah. Masak sampai mendidih
3. Masukkan daun labu, garam dan gula pasir. Aduk rata. Masak sampai matang
4. Menjelang diangkat, tambahkan suwiran ikan asin jambal. Aduk rata. Sajikan.

Kemaren jadinya banyak bangets, karena hanya dimakan saya saja. Kalo pake air 1.500 ml airnya makan banyak nanti sayurnya bisa berenang-renang :-d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar