Senin, 03 Oktober 2011

Donat Mini Kayu Manis

Weekend kembali menyapa, meski mudik ..cielah mudik kok terus, hobi kali ya he he he. Sabtu Minggu kemaren alhamdulilah bisa sowan Bapak dan Ibu di Ponorogo. Sejak awal dah niat bangets mo bikin-bikin sesuatu dirumah, padahal dirumah juga g nganggur-nganggur amat malah sebaliknya...oh no sungguh super duper sibuk. Niat awal sih cuman mo bikin lumpur labu kuning, secara dirumah banyak banget labu kuning kemaren aku lihat. Tapi malemnya kok pas beli terigu tertarik beli si ragi instan.
Idenya nyontek dari Saji edisi 220 thn. VIII keluaran september 2011. Meski pada kenyataannya tak seratus persen ikut aturan resep, secara g bawa timbangan digital juga tidak beli bubuk kayu manis dan cokelat putih he he he *penghematan gitu ceritanya he he he.

Bahan :
300 gram tepung terigu protein sedang
1 sdt kayumanis bubuk ---> aku g pake
6 gram ragi instan
30 gram gula pasir
15 gram susu bubuk ---> aku g pake, g punya dirumah stoknya hanya susu cokelat bubuk
1 kuning telur
175 ml air es
35 gram margarin
1/2 sdt garam
minyak padat untuk menggoreng ---> aku pake minyak goreng biasa

Bahan Pencelup :
100 gram cokelat masak putih lelehkan ---> aku hanya pakai gula donat
1 sdt kayumanis bubuk untuk taburan ---> tidak pakai

Cara membuat :
1. Campur terigu, kaymanis bubuk,  ragi instan, gula pasir dan susu bubuk serta telur. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diambkan 15 menit.
2. Kempiskan adonan. Timbang 20 gram --> aku pake kira-kira aja :-d g bawa timbangan digital. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
3. Giling sedikit. Lubangi tengahnya. Diamkan 30 menit sampai mengembang di atas loyang yang ditabur tepung.
4. Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
5. Celup donat di dalam cokelat masak putih cair. Tabur tipis kayu manis bubuk.

Note :
Untuk melubangi adonan agar hasilnya mulus dan cantik aku pakai paralon kecil, bisa dilihat paralonnya ada disampingnya :-d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar