Senin, 04 Maret 2013

Egg Tart ( Pie Susu )

Sudah lama sekali pengen buat kue ini, sudah diprint di bookmark, dilihatin mulu. Antara jadi ngak jadi ngak, tapi akhirnya jadi buat juga, bismillah *takut gagal :-D. Secara kelihatannya nih kue susah yeee, oh ternyata dan ternyata g sesuai bayangan nih kue gampil cuman agak rempong pas ngovennya aja *takut menggembung tapi tetep aja ngembung. Apa ini karena efek penggantian tepung custard menjadi tepung maizena *ekonomis :-D.

Mulai nguplek sudah sore, jam 3 sore baru berangkat beli susu sama bahan lainnya. Jam 4 sudah nyampek kost-an lagi. Mikir eh istilah kerennya galau sudah sore, kira-kira nanti bisa kelar g ya? apalagi kan ini malming, masak anak muda, malmingnya sama oven *jiyah he he he. Tapi akhirnya sudah buletin tekad mo nguplek, gpplah untuk kali ini malmingnya sama si otang *selingkuh. 

Resepnya diambil dari Ricke bunda Nadhifa, tfs ya Bun



EGG TART / PIE SUSU

Bahan kulit/crust:

300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:

Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard --> aku pakai tepung maizena
1-2 sdt vanilla susu

Cara membuat :
1. Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla. Aduk rata. Saring.
2. Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
3. Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat.

Egg Tart

Kemaren bikin 1 resep saja jadinya banyak sekali, hampir penghuni satu kost sekalian Ibu kost dapat mencicipi, sekaligus juga dibawa ke kantor bahkan dapat komentar " haucek ping ping " dari si Bos Papi he he he... *ugh jadi semu merah nih pipi.Ditanyain dalam rangka apa kok bawa kue? ultah kamu? .. hmmm iya Bos Papi.., semoga moment berkurangnya usia ini menjadikanku manusia yang lebih baik ke depannya.

Menikmati Egg Tart sambil melihat gerimis yang mengundang dari atas balkon *atap maksudnya hiya

Tips dari Bunda Nadhifa :
1. Kulit pie/crust bisa dipanggang langsung bersama fillingnya, atau dipanggang dulu sendiri selama 10 menit untuk hasil kulit yang lebih kering. Kalau saya biasanya langsung dipanggang bersamaan. Anda juga bisa menggunakan resep kulit pie/crust favorit Anda yang sudah biasa Anda pakai.
2. Sebaiknya gunakan suhu rendah, agar kulit pie/crust bisa matang sempurna tetapi tidak membuat filling menjadi cepat menggembung dan pecah karena suhu yang terlalu tinggi.
3. Patokan lama memanggang terkadang berbeda-beda, sesuai oven masing-masing walau dengan settingan suhu yang sama. Jadi, sesuaikan saja ya :)
4. Jangan memanggang hingga filling menggembung tinggi bahkan pecah. Filling yang menggembung tinggi, jika dikeluarkan dari oven dan dingin akan menjadi terlalu cekung dan mengkerut/keriput. Dari rasa tidak ada masalah, hanya saja tampilannya jadi tidak mulus :)
5. Perhatikan jika filling terlihat sudah mulai naik mengembang, segera keluarkan dari oven. Atau jika dirasa kulit belum cukup kokoh, rendahkan lagi suhunya dan lanjutkan memanggang.
6. Jumlah kue yang dihasilkan tergantung ketebalan kulit pie dan ukuran cetakan. Jika adonan filling masih bersisa sedangkan adonan kulit sudah habis, silahkan membuat kembali tambahan adonan untuk kulit. Atau sebaliknya. Kemaren aku kira-kira dapat 50 piece kue, dengan cetakan seperti diatas.
Mungkin lain hari kalo dapat sumbangan kudu beli cetakan lagi, supaya g harus panas-panas "maksa" si egg tart keluar dari cetakannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar