Senin, 04 Maret 2013

Bakso Tahu

Sabtu kemaren nyempetin bikin bakso tahu *gayanya itu loh ya, ah mentang-mentang habis gajian hihihi. Kepengen resep ini sudah lama pake banget, sudah diprint tapi masih mangkrak aja di meja kantor hihihi.

Awalnya ngeri juga mo buat bakso tahu ini, apalagi g punya food processor *eh bener g y nulisnya?, punyanya blender tapi males buat ngeluarinnya apalagi kudu naik-naik *soalnya ditaruh diatas lemari, balada kamar kost seuprit ya gini nih. Akhirnya mikir pake lama, hmmm kira-kira gimana ya ngalusin dagingnya *jiyah daging rek he he he. Cling .... oh ya pake dicincang kan ntar baksonya jadi mirip bakso yang kasar itu ...okelah mari kita eksekusi. Pagi-pagi sudah jedok-jedok nyincang daging ayam, mbikin rusuh seisi kost. Dapat ilhamnya dari blognya mbak Vivi, photonya bagus-bagus gak kayak punyaku he he he. Makasih sharingnya ya Mbak *sok kenal wink. 

Rasa dan bentuknya sudah mirip bakso ayam yang biasa beli di abang-abang bakso *lah kok ayam? ya iyalah bisa jebol bandare kalo pake daging sapi, emang pada kemana sih sapi-sapi ini sampek daging kok mahal. Tapi kemaren sayang antara tahu sama daging ayamnya suka "melarikan diri". 

Silahkan diintip ya resepnya semoga bisa jadi inspirasi untuk sajian keluarga.


Bakso Tahu

Tahu putih secukupnya (waktu bikin aku butuh 7 potong tahu ukuran gede dibelah 2), keluarkan bagian tengahnya membentuk lubang.

200gr       Daging ayam giling
50gr         Daun bawang, iris halus
50gr         Tepung sagu
1btr          Putih telur
1sdt          Garam (ato menurut selera, boleh juga pk MSG klo suka)
1sdt          Bawang putih bubuk
1sdt          Merica bubuk
Sedikit pala bubuk ---> aku g pakai

Bahan tambahan :

Seledri iris halus
Daun bawang iris halus
Bawang goreng
Daun sawi, rebus
Jangan lupa sambel, biar lebih mantap --> aku g pakai


Cara membuat :

1. Campur semua bahan, aduk rata.
2. Isikan campuran ayam tadi ke dalam tahu. Kukus selama 15 menit.
3. Kemudian goreng hingga berkulit.

Untuk kuahnya, tulang ayam yang udah diambil dagingnya direbus dengan air 1500cc, 5 siung bawang putih yang dihaluskan, 1 sdt merica bubuk dan garam secukupnya. Masak dengan api kecil  hingga mendidih dan berkaldu. Terakhir tambahkan 1 sdt minyak wijen. Didihkan sekali lagi angkat.
Untuk yang suka pake MSG, boleh2 aza klo mo ditambahkan MSG.

Cara penyajian : Siapkan mangkok, isi dengan bakso tahu+daun sawi kemudian tambahkan daun bawang, seledri dan bawang goreng terakhir siram dengan kuahnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar