Senin, 25 Maret 2013

Tahu Isi/Tahu Berontak

Pengen sekali bikin snack yang digoreng-goreng, padahal yang digoreng itu tidak sehat, tapi kan cuman sekali-kali aja.Cerita awalnya sih sebenarnya mo ngabisin sisa stock wortel untuk bikin pastel. Sore harinya pas beli nasi ada tukang tahu, akhirnya beli dua ribu dapat 4 potong, rencananya habis isya' mo digoreng biar besok pagi langsung bisa dieksekusi. Ealah tapi ternyata kok malas habis Isya' malah nonton tivi he he he...

Dan, akhirnya tahu diproses habis shubuh esok paginya he he he. Setelah menanak nasi tahu langsung ngantri digoreng dech.

Untuk resepnya sih pake ilmu kira-kira asal nyemplung aja dan tes rasa. Untuk isiannya aku tambahin sama cabe bumbunya supaya tidak usah susah nyari cabe hihihi.

Kenapa dinamakan tahu isi/tahu berontak mungkin karena diisi dan berontak, karena isi tahunya dikerok setelah digoreng garing gitu. Di daerah lain disebut juga tahu susur, tauge tahu/gehu.

Tahu Isi/Tahu Berontak


Bahan :

4 buah tahu putih, potong bagi 2 masing-masing
minyak untuk menggoreng


Isi :
2 buah wortel ukuran sedang, potong kecil korek api pendek
1 batang prei besar, rajang/iris halus
2 batang seledri

Bumbu, ulek halus : 
3 butir bawang merah
2 butir bawang putih
6 butir merica
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
penyedap rasa secukupnya --> optional

Bahan Pembalut :
5 sdm tepung terigu 
3 sdm tepung beras
1/2 sdt garam 
air secukupnya
 

Cara Masak :
1. Goreng tahu hingga kering dengan minyak panas sampai kering dan mengapung
2. Isi : tumis bumbu hingga harum, masukkan wortel dan daun bawang prei yang sudah dirajang halus, tes cicip kemudian masukkan daun seledri yang sudah dicincang. Angkat.
3. Bahan balutan : campur tepung, garam dan air sehingga membentuk adonan yang likuid, kekentalan sesuai yang diinginkan.
4. Sobek tahu dan keluarkan bagian dalamnya, kemudian masukkan isi yang sudah ditumis tadi, gulingkan kedalam adonan tepung
5. Panaskan minyak, kemudian gulingkan tahu yang sudah diisi sampai kuning keemasan, angkat dan tiriskan minyaknya.
6. Sajikan dengan cabe.



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar