Senin, 01 April 2013

Brownies Kukus Ketan Hitam

Setelah berburu tepung ketan hitam tempo hari di TBK deket rumah nggak ada, akhirnya keinginan untuk bakingnya tertunda *sedih beud. Padahal coklatnya sudah lama sekali belinya *duh sukanya kok numpuk bahan makanan. Akhirnya, kemaren pas ada yang ngajakin ke TBK langsung hayuk aja, jam istirahat kita kemon dech ke TBK Sinar Jaya di Ngagel Rejo Kidul*eh kalo g salah, beramai-ramai kita kesananya. 

Ngeprint resepnya juga sudah sejak jaman purbakala *lama maksudnya, tapi setiap mo buat juga tetap aja ngeprint lagi-ngeprint lagi *duh kebiasaan buruk, jangan ditiru ya temans. Resepnya terinspirasi dari Ricke Bunda Nadhifa

Kemaren aku buat satu setengah resep nih brownies, dari segi rasa moist dan ada sensasi krenyes-krenyes kayak pasir dari tepung ketan hitamnya. Untuk membuat brownies apapun itu pastikan ya bubuk cokelat sama coklat bloknya yang merk bagus ya, bukan fanatik merk cuman yang harganya mahal membuat brownies yang kita bikin makin maknyus gitu loh. 


Berikut resepnya :

Pake kamera Hp ambil photonya
Brownies Kukus Ketan Hitam

Bahan :

6 butir telur
200 gram gula pasir, menurutku ini kemanisan lain kali mo dikurangin ah
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla

2 sdm susu kental manis

250 gram tepung ketan hitam
20 gram cokelat bubuk, ayak 
campur jadi satu

100 gram cokelat cincang
200 gram minyak sayur/goreng/mentega/margarin yang dilelehkan, mungkin kalo campuran minyak sama mentega rasanya lebih ok

meises secukupnya --> aku pake cokelat blok yang aku serut kasar

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan
2. Tim/lelehkan cokelat hingga meleleh, masukkan minyak goreng aduk rata, dinginkan
3. Kocok telur, gula, emulsifier, garam dengan mikser kecepatan tinggi hingga kental dan berjejak, masukkan vanilla dan kocok rata. Masukkan susu kental manis dan aduk hingga rata.
4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan cokelat bubuk sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah,
5. Masukkan campuran dark cooking cokelat yang sudah dilelehkan dengan minyak, aduk balik dengan spatula hingga rata.
6. Bagi dua adonan, masukkan ke dalam loyang ukuran 20 x 20 x 7 yang sudah dialasi kertas dan dioles margarin, kukus selama 10 menit.
7. Taburkan meisis, tuang kembali sisa adonan, kukus adonan selama 25-30 menit hingga matang
8. Angkat dan langsung keluarkan dari loyang, biarkan dingin. Potong-potong dan sajikan.


Kemaren pas ngukus adonan yang kedua terjadi insiden, adonan kedua menimpa adonan yang pertama dan langsung makjlebb amblas kuenya huaaaa. Setelah 30 menit dikukus diangkat lah kok kuenya bagian bawahnya masih basah...*pengen nangis sambil tutup muka, aku masukin lagi tuh kue ke dandang dan ditambah sekitar 10-15 waktu ngukusnya. Dan akhirnya si kue bertahan hingga 4 hari tanpa masuk kulkas alias di suhu ruang. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar