Minggu, 07 April 2013

Klepon Ubi Ketan Hitam

Dalam rangka memberdayakan tepung ketan hitam yang sudah dibeli dan sudah dibuka juga bungkusnya, takutnya kalau tidak segera diberdayakan bisa-bisa berakhir di tempat sampah, maka browsinglah daku resep atau jajanan yang menggunakan si tepung hitam. Dan, nyasarlah daku disini, thanks ya Mam atas sharing resepnya.

Setelah main sepedaan keliling gang dari Nginden Intan putar Semampir, Semolowaru dan berakhir lagi di Nginden Intan, akhirnya langsung cabur ke pasar Gotong Royong untuk beli uborampe memasak, rencananya mo bikin 2 prakarya dapur dengan bahan ketan hitam, biar cepet habis :-D. Untuk rencana pertama yang dieksekusi adalah si klepon, sekalian nanak nasi aku kukus juga kelapa parut dan ubinya *biar hemat gitu. Sekitar 20 menit, lha kok pas diangkat ubinya kurang matang dikit, mungkin 30 menit sudah pas matangnya *lain kali dicoba. Panas-panas ubinya ditumbuk, lha mencelat *baca lompat-lompat karena belum matang sempurna *huft. Tapi akhirnya bisa juga halus, hanya perlu kesabaran saja.

Klepon Ubi Ketan Hitam, alasnya pake daun pisang bekas tempe :-D

Klepon Ubi Ketan Hitam

Bahan :
2 buah ubi, kukus, haluskan (punya saya sekitar 147 gr) --> aku sepotong gede sekitar 150 gram
125 gr tepung ketan hitam
3 sdm tepung kanji
air hangat secukupnya, ditambahkan sedikit2 sampai adonan bisa dibuat kepalan/dipulung
Bahan isi :
gula merah, iris kecil-kecil
kelapa parut, aduk dengan sejumput garam, kukus sebentar
Cara Membuat :
1. haluskan ubi
2. campurkan dengan tepung ketan hitam dan kanji
3. tambahkan sedikit demi sedikit air hangat, sampai bisa dikepal/dipulung
4. siapkan air rebusan
5. ambil sedikit bahan campuran klepon, pipihkan, beri isi, lalu bulat-bulatkan
6. masukkan ke dalam air rebusan, tunggu hingga mengapung, angkat.
7. jika sudah hangat, gulingkan ke parutan kelapa
8. sajikan :)



Tapi menurutku kemaren rasanya kok agak pahit, apa karena pakai tepung ketan hitam itu ya, tapi gitu juga habis sendirian kok satu resep, dibantu temen kost yang g dipersilahkan ambil juga doyan banget, satu lepek kecil cuman disisain satu butir *doyan apa lapar ya nih anak hihihi, tapi itu artinya enak kali ya *menghibur diri sendiri. Lain kali mo nyoba dengan ubinya dibanyakin dan dibuatnya kecil-kecil aja, biar gulanya lebih terasa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar