Jumat, 12 April 2013

Acar Kuning

Punya stock wortel sisa sayur cah taoge kemaren, padahal belinya cuman 5 biji eh sama bakul sayurnya malah dikasih bonus 1 lagi, dipakenya cuman 2 buah karena takut g kuat ngabisin sayurnya sendirian. Akhirnya, nyari-nyari resep yang belum pernah buat sendiri tapi sudah makan, hmmm kok kepiikiran si acar kuning ini. Akhirnya nemu dan tertarik resepnya di dapurnya Mbak Wulan

Sayur ini aku masak sore hari untuk makan malam, nggak cocok kalii ya? *ah gpp wong buat aku sendiri aja kok. Masaknya aku campurin sama telur saja. Paginya aku ke pasar buat beli timun sebiji, jeruk nipis dan empon-empon alias bumbu dapur lengkap. 

Sayur ini cocoknya sama ikan yang sudah digoreng dan disiramkan diatas ikannya, wes manteb dech atau sama daging yang masak manis mirip rendang gitu wah bisa habis nasi sebakul dech *sambil lap iler. Cuman kemaren aku pas nambahin jeruk nipisnya kebanyakan setelah dicicip wuhaaa kecuuuut banar, jadi kalo pembaca mo mbikin nih acar hati-hati ya pas nuangin jeruk nipisnya biar beda nasibnya sama saya :-P alias g sama nasibnya dengan saya. Atau kemaren kecut/asamnya karena timunnya telat masukkin kulkas ya :-D, karena si Papinya anteng bener di ruangannya jadi si timun masuk kulkas sudah siang banget.

Photo dengan bantuan sinar flash karena sudah menjelang maghrib

Acar Kuning

Bahan :
300 gr ketimun ( 1 buah yg cukup besar) potong sisi-sisinya bentuk seperti korek api
300 gr wortel ( 2 buah ukuran sedang) potong-potong seperti korek api
100 gr bawang merah kecil ( bila tidak ada gunakan bawang merah biasa potong kotak2) --> berhubung bawang marah aku cuman pakai 4 butir besar bawang merah, dalam rangka penghematan huhu.
100 gr cabe rawit merah/hijau ---> aku 5-6 buah cabe takut pedes
4 sdm lime juice (perasan jeruk nipis) ---> aku pakai satu buah
1/2 sdt garam atau secukupnya
4 sdm gula atau secukupnya
sedikit minyak goreng untuk menumis

Bahan yang dihaluskan :

6 buah bawang merah
3 buah bawang putih
5 buah kemiri (buah keras)
1 ruas kunyit

Cara ,Membuat :

1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu hingga wangi, tambahkan air biarkan hingga mendidih, dan menyusut, jaga supaya tidak hangus pada tepi-tepi bumbu. Bila sudah wangi tidak bau langu bumbu, masukkkan garam dan gula.
2. Masukkan sisa bahan lainnya, aduk rata, gunakan api kecil, bila sudah rata tuang lime juice (perasan jeruk nipis) tadi, aduk hingga rata.
3. Lakukan test rasa, sekiranya masih terlalu asam boleh ditambahkan gula/garam.
4. Siap dihidangkan, can keep in the fridge untill 1 week or more. 


Mari dimakan dengan nasi anget

Tidak ada komentar:

Posting Komentar