Selasa, 09 April 2013

Klepon Ubi

Rajin benar saya kali ini, seminggu belum ada sudah posting 2 resep hihihi. Kebetulan dirumah *eh kost maksudnya masih ada sebiji gede ubi jalar. Bingung mo diapakan, akhirnya browsing-browsing ketemu resep ini di blognya mbak Nina, thanks ya sharing resepnya.

Biasanya habis shubuh aku tidur lagi, apalagi cuaca mendukung banget hari ini, tapi habis bangun suka g enak badan makanya mo ngubah cara hidup *hallah, mengurangi tidur sehabis sholat shubuh maksudnya, doain ya tetap istiqomah *bahasane rek. Tadi pagi, sambil masak nasi aku ngukus telur, sama si ubi habis itu ditinggal ke pasar beli kelapa sama pasta pandan. Karena ndak punya stok sama sekali pasta pandan, kalo mo yang natural juga g perlu pasta pandan juga gpp.

Tapi entah mengapa, seringnya kalo buat klepon selalu meletus gulanya, mungkin kurang rapat ya, padahal sudah pake api kecil ngerebusnya, silahkan dicoba ya.....

Si klepon lagi mejeng di kantor
 
Klepon Ubi 

Bahan : 
*aku cuman setengah resep aja, coz takut g selesai buat bunderannya, karena harus ngantor *jiyah

500 gram ubi jalar ---> aku 250 gram saja, setelah matang baru ditimbang
110 gram tepung tapioka/sagu --> aku pakai 60 gram tepung tapioka/sagu
125 gram gula merag, disisir halus ---> aku pake ilmu kira-kira secukupnya
1/2 sdt garam
1,5 sdt pasta pandan ---> aku cuman 1/2 sdt 
2 lembar daun pandan ---> aku g pakai :-p
1/2 kelapa parut ---> beli 1000 dipasar kira-kira 1/4 kelapa parut, kasih garam kukus
Air secukupnya untuk merebus

Cara Membuat :
1. Cuci ubi jalar, kukus dan bersihkan kulitnya
2. Haluskan panas-panas si ubi jalar hingga lembut, dinginkan
3. Campurkan ubi jalur halus dengan tepung tapioka, garam dan pasta pandan aduk rata.
4. Uleni hingga kalis dan dapat dibentuk
5. Ambil sejemput adonan, bentuk pipih, isi gula merah sisir, bulatkan. Lakukan hingga adonan habis
6. Didihkan air tambahkan daun pandan, rebus bulatan sedikit demi sedikit hingga mengambang,
7. Angkat dan tiriskan kemudian gulingkan diatas kelapa parut kukus.

Klepon Ubi siap dibawa ke kantor
 Kata yang sudah nyicip rasanya enyak, g kalah sama yang pake tepung ketan, malah maknyus yang ini *ssst yang buat belum nyicip soalnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar