Selasa, 25 Februari 2014

Bolu Suri Pandan

Dari hasil blogwalking berakhir kepingin *dasar mata jelalatan, apalagi belum pernah mbikin dan resepnya super praktis tanpa perlu ribet ngeluarin senjata bernama mikser. Awalnya sih nggak sengaja nemu resep ini. Sekilas tampilan bolu ini mirip dengan bika Ambon *menurutku sih, tapi yang ini dibuat dari tepung terigu. 

Resep ini aku kurangi untuk takaran ragi instannya, karena menurutku dengan jumlah terigu yang hanya 75 gram, terlalu banyak jika menggunakan 1 sendok makan, akhirnya aku kurangi menjadi 1 sendok teh saja dan tetap kok hasilnya bagus dan berserat.

Bolu Suri Pandan ini rasanya legit, maklumlah perpaduan antara santan dan telur yang lumayan banyak. Resepnya sendiri aku contek dari blognya Mbak Shinta Little Kicthen, berikut aku tuliskan kembali kalau ada yang mau nyoba, dijamin nggak nyesel kok apalagi bagi yang belum punya mikser, ;-) dijamin anti gagal, asal tahapannya sesuai instruksi ya...



Bolu Suri Pandan

Bahan :

75 gram terigu
1 sdm ragi instan --> aku 1 sdt ragi instan
100 gram gula pasir --> aku 75 gram gula pasir, karena sudah ada SKM
75 ml santan kental --> aku pakai 100 ml santan segar, direbus dahulu
4 butir telur
25 ml air pandan suji --> aku pakai 2 tetes pasta pandan
100 ml Susu Kental Manis/SKM --> aku pakai 2 sachet SKM
35 gram margarin dilelehkan
1/2 sdt vanilli bubuk

Cara Membuat :
1. Panaskan santan dan daun suji. Panaskan sambil diaduk sampai mendidih. Lalu angkat, diamkan sampai hangat kuku. Aku kemaren kelupaan santan sudah dingin tapi tidak apa-apa, masih bisa mengembang kok.
2. Campur terigu, ragi dan sepertiga gula. Aduk rata menggunakan whisker atau sendok. Tambahkan santan hangat, aduk rata. Tutup dan diamkan 30 menit.
3. Siapkan loyang tulban, olesi dengan margarin dan taburi tepung terigu. Atau kalo memakai loyang persegi/bulat alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
4. Dalam wadah terpisah, kocok telur, gula dan sisa vanilli, cukup hingga gula larut. Bisa memakai whisker atau mikser atau sendok juga boleh.
5. Masukkan kocokan telur ke dalam adonan tepung terigu yang sudah mengalami fermentasi. Aduk rata.
6. Tambahkan SKM dan margarin, aduk hingga rata. Lalu tuang ke dalam loyang.
7. Masukkan ke dalam oven (tanpa dinyalakan), biarkan selama 30 menit. Lalu nyalakan oven. Panggang dalam suhu 170 derajat celsius selama 50-60 menit atau sesuai oven masing2 ya. Atau hingga adonan tidak menempel saat dilakukan tes tusuk.
8. Angkat biarkan dingin, sajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar