Minggu, 09 Februari 2014

Sate Tempe

Setelah membeli Kochi Pan, aku punya obsesi untuk mbikin sate sendiri. Ini adalah percobaan kedua setelah sebelumnya pernah membuat Ayam Bakar Pedas Manis, setelah kemaren sempat browsing-browsing nemulah resepnya Mbak Vivi, resep aslinya dari Mbak Rina Dapur Manis.

Kenapa milih tempe sebagai bahan uji cobanya, pertama ada sisa santan dari membuat kue pukis ini, sayang kalau dibuang begitu saja. Kedua, kalo gagal kan atau rasanya kurang enak ngak nyesel-nyesek amat karena bahannya kan murah :-D.

Ini adalah resep yang nyonteknya pake gadget alias langsung lihat diwebnya *ish sok gaya. Karena kemaren, resep hasil ngeprintnya ketinggalan di kantor dan kayaknya nggak ada rencana. 

Tampilan sate tempeku ini kurang sreg, potongannya gede-gede rasanya juga keasinan *ups, ditambah photonya juga nggak ada yang bagus *manyun. Tapi ya sudahlah, kalau makan sate tempe ini pas lagi laper pake banget habis juga nasi sedandang he he he.

Waktu bakar nih tempe, temen-temen ngirain aku lagi nyate daging :-D, aku bilang ini tempe bukan daging, daging lagian jual mahal *belum terbeli sama kantong anak kost :-P.



Sate Tempe

Bahan :

400 gram tempe, potong dadu
2 lembar daun salam
5 sdm kecap manis
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut
Garam Secukupnya

Bumbu Halus:

5 buah cabe merah besar
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, aku skip lagi kosong

Cara Membuat :
1. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai wangi dan matang.
2. Masukkan santan, kecap manis dan garam. Cek rasanya. Masukkan tempe, aduk rata. Masak samapai bumbu meresap. Matikan api. Biarkan dingin.
3. Tusuk tempe menggunakan tusukan sate. Bakar di atas api sambil diolesi sisa bumbu.
4. Sajikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar