Minggu, 09 Februari 2014

Kue Pukis

Hiyaa aku hari ini produktif banget yaks, posting resep banyak banget. Kok aku jadi curiga sendiri ma diri sendiri, bisa-bisa habis ini liburan panjang huaa *nangis, ups jangan dech. Sebenarnya sudah lama pengen buat pukis, sudah nyari-nyari resep yang mudah, praktis dan ekonomis. Tanpa perlu ribet ngeluarin mikser, supaya biaya listriknya bisa digunain untuk beli bahan sajah *dasar mak irit :-P, maklum anak kost setiap apapun kudu ngitung dan diperhitungkan. Ah kalo gini enakan dirumah aja, semuanya tinggal nebeng ortu :-D *pengen dilemparin pacul aja. 

Blogwalking akhirnya nemu resepnya Mbak Tita yang diposting oleh Moegil Cake, setengah resep aja katanya sudah jadi banyak dan tentunya g perlu mikser *horeee. 

Kue pukis ini dibuat juga dalam rangka memberdayakan gadget baru penghuni kamar sempit yaitu si cetakan pukis teflon, niat awalnya ke Arlisah mau beli cetakan waffle eh cetakannya habis :-(. Dulu juga pernah buat disini, cetakannya imut banget, maklum awal-awal beli gadget hanya menuruti pengen nggak ngerti dan ngira-ngira ini jadinya seberapa :-(, sekarang nyesel dech akhirnya mangkrak *nganggur maksudnya. 

Resep ini selain mudah dan praktis-ekonomis juga hasil akhirnya lembut banget, meski tidak ada acara kocok mengocok pake mikser, cukup diaduk aja sama rata dan tidak bergerindil. Bahkan kelembutannya bertahan hingga hari berikutnya. Kalau soal rasa jangan ditanya lagi pastinya enaklah, tapi agak kemanisan menurutku. Mungkin lain kali mau dikurangin aja takaran gulanya, kaena diresep ini memakai susu kental manis yang juga menyumbang rasa manis dikuenya.

Kemaren pas waktu mbikin ini sempat deg-degan, udah buatnya hampir magrib karena mulai ngadonnya sudah jam 16:30 juga takut nggak ngembang karena kok sepertinya adonannya segitu-gitu. Dan, akhirnya absen ke masjid :-(. Yuks, mari intip resepnya dan segera praktekin ya, jangan hanya suka ngeprint seperti aku. Oh ya kalau nggak punya cetakan pukis bisa dicetak dicetakan poffertjes atau lumpur ya...



Kue Pukis 

Bahan :

150 gram tepung terigu tinggi
100 gram tepung terigu sedang
125 gram gula pasir, kalau nggak suka manis bisa dikurangin
1 butir telur
1 sdt ragi instan
50 gram mentega/margarin, cairkan
375 ml santan hangat
1/2 sdt garam, aku skip takut nggak ngembang :-D
50 ml SKM, aku pakai 1 bungkus indomilk sekitar 42 gram
Vanilli secukupnya

Topping :

Keju, meisis, atau cokelat serut

Cara Membuat :
1. Campur terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata
2. Masukkan telur, aduk rata
3. Tambahkan mentega/margarin cair, aduk rata sampai rata
4. Masukkan pasta vanilli dan santan hangat sedikit-sedikiti sambil diaduk sampai santan habis dan tidak bergerindil. Jika masih ada tepung yang bergerindil bisa disaring atau dikocok sebentar saja sampai halus
5. Terakhir masukkan garam dan susu kental manis/SKM, aduk rata
6. Diamkan adonan kurang lebih 1 jam
7. Sebelum adonan dituang, adonan ditepuk-tepuk dulu menggunakan sendok sayur
8. Panaskan cetakan, olesi margarin dan tuang adonan ke cetakan sampai hampir penuh (sekitar 3/4 cetakan), tunggu sampai setengah matang, beri topping sesuai selera. Tutup dan tunggu sampai matang
9. Setelah kue pukis matang, panas-panas oles margarin sisi kanan kirinya supaya tidak kering. Sajikan.



Tambahan :
Santan sebaiknya direbus dulu hingga mendidih sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah. Selain itu, santan yang sudah direbus membuat pukis lebih awet dan tidak berbau asem.
Jangan masukkan santan panas ke dalam adonan karena dapat mematikan ragi. Tunggu agak dingin/hangat. Santan hangat dapat mempercepat kerja ragi (jika cuaca dingin) dan mengurangi bau ragi.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar