Rabu, 25 Mei 2011

Pare ; Si Buah Pahit Kaya Manfaat

Pare identik dengan nama sayuran juga nama tempat di Kediri. Tapi, yang akan dibahas kali ini adalah pare sayuran *ceilah bahasane dah mirip guru ajah hihi. Pare juga dikenal dengan nama Paria.


Meski pare ini rasanya pahit dan sebagian besar orang tidak menyukainya namun jangan salah dibalik kepahitannya ternyata terkandung sejuta manfaat dari Pare. Biasalah sesuatu yang tidak enak/pahit itu biasanya lebih bermanfaat dan mengandung obat. Pare ternyata mengandung beragam vitamin dan zat penting bagi pembangun tubuh.

Menurut hasil bacaan yang saya baca dari Tabloid Saji :-d *nyengir, bahwa khasiat pahitnya pare adalah :
1. Menurunkan gula darah
2. Sebagai zat anti kanker,
3. Kaya serat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan,
4. Mengandung karoten yang berfungsi untuk kesehatan mata, nah bagi yang matanya sudah mulai burem-burem silahkan perbanyak makan pare ya,
5. Kalium, berguna untuk melenturkan pembuluh darah yang akhirnya menyehatkan jantung,
6. Vitamin C, untuk kulit yang cantik. Makanya jangan malas ya buat makan pare. Tak perlu mahal buat cantikkan?
7. Mengatasi ancaman sinar Ultra violet.

Nah cukup sekian ya, sekilas manfaat dari Pare. Jika kurang jelas silahkan nanya paman google he he he. Untuk mengurangi rasa pahit pada pare, sebelum dimasak iris terlebih dahulu pare kemudian beri sedikit garam lalu remas-remas sampai agak lembut lalu cuci. Selain itu pilih pare dengan kulit yang tidak terlalu keriting karena biasanya yang keriting dan berwarna hijau muda itu yang berasa lebih pahit. So masih takut untuk mencoba makan sayur pare, dijamin anda bakalan nyesel dech.

* Gambar e dipinjam dari sini : http://2.bp.blogspot.com/_QLsFMZBBywo/TLsr3XeynoI/AAAAAAAAANc/jh_1XPoQ1Dk/s1600/buah+pare.jpg

1 komentar:

  1. Pare yang pahit rasanya ini ternyata bisa bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah.

    BalasHapus