Rabu, 13 Februari 2013

Beda jenis Cokelat

Kemaren, saya nemu artikel menarik seputar cokelat masak ( cooking chocolate ) di tabloid Saji edisi 260 2013. Kenapa saya mau susah-susah nulis disini, saya kan termasuk orang yang suka lupa. Sekarang saya inget jangankan sampai besok 5 menit lagi sudah hilang he he he *maklum sudah tua.

Dulu, saya pernah baca jenis-jenis cokelat masak, eh giliran ditanya temen bedanya cokelat coumpound, couverter dan flavored lupa malah, is is bener-bener lemot memang, makanya karena sebagai orang visual yang akan inget terus jika sudah pernah nulis minimal :-D. Mari, saya tuliskan bedanya disini yach :
  1. Cokelat Couverture adalah cokelat asli yang komposisinya terdiri dari lemak cokelat dan cokelat bubuk, sehingga rasanya cenderung pahit dan harganya lebih mahal dibanding 2 jenis cokelat lainnya. Untuk mengolahnya dibutuhkan temperatur yang stabil karena cokelat jenis ini lebih cepat leleh. Menyimpannya sebaiknya ditaruh di chiller supaya awet padatnya. 
  2. Cokelat Compound adalah cokelat yang punya komposisi yang sama namun tidak ada lemak cokelatnya. Lemak cokelat diganti dengan lemak nabati dari kelapa sawit. Dari sisi harga cokelat jenis ini lebih murah dibanding couverture. Cokelat jenis ini tetap padat pada suhu ruang. Jenis cokelat compound ada tiga yaitu : dark chocolate, milk chocolate dan white chocolate
  3. Cokelat Flavoured adalah cokelat compound yang diberi rasa, komposisinya seperti white chocolate namun diberi essens/perasa.  
Untuk penjelasan Compound Chocolate adalah :

  • Dark chocolate : komposisinya adalah cokelat bubuk, gula dan lemak nabati.
  • Milk Chocolate : merupakan kombinasi dari  cokelat bubuk, gula dan minyak nabati dan susu bubuk.
  • White Chocolate : susu bubuk, gula dan minyak nabati.
Gimana...? jadi tahukan bedanya cokelat yang beredar di TBK, nggak galau lagi kalo lagi jalan di TBK, mo pilih cokelat mana yang mau dibeli/diborong....? Good..happy baking and shoping yach....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar